Contoh Dokumen Supervisi Pembelajaran RA dan MI Terbaru

Contoh Dokumen Supervisi Pembelajaran RA dan MI Terbaru
Contoh Dokumen Supervisi Pembelajaran RA dan MI Terbaru

Supervisi pembelajaran merupakan kegiatan pembinaan, pembimbingan, konsultasi, pendampingan, dan pemantauan proses pembelajaran baik pada tahap perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran di RA dan madrasah (KMA 624 tahun 2021).

Pedoman Supervisi pembelajaran ini dimaksudkan sebagai panduan dalam melaksanakan supervisi pembelajaran pada tahapan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Untuk mewujudkan penjaminan, pengendalian, dan perbaikan mutu pembelajaran sesuai dengan tuntutan kompetensi abad-21.

Pelaksanaan supervisi pembelajaran diarahkan pada penjaminan mutu, pengendalian mutu dan perbaikan mutu pembelajaran dalam rangka pencapaian kecakapan abad 21.

1. Penjaminan Mutu

Penjaminan mutu merupakan proses pendampingan guru sebagai instrumen dalam peningkatan mutu yang dapat menumbuh kembangkan budaya mutu pada dunia pendidikan terutama pada diri guru.

2. Pengendalian mutu

Pengendalian mutu supervisi pembelajaran diperlukan agar layanan pembelajaran dapat terjaga kualitasnya sehingga menghasilkan output pembelajaran yang diharapan yaitu pembelajaran yang mengarah pada pencapaian kompetensi pendidikan abad 21.

3. Perbaikan Mutu

Supervisi pembelajaran dilakukan untuk menentukan langkah-langkah perbaikan secara berkesinambungan (continuos quality improvement) dan perbaikan proses pembelajaran secara berkesinambungan (continuous process improvement) sehingga pembelajaran bermutu dapat terwujud

SUPERVISI PERENCANAAN PEMBELAJARAN

  1. Supervisi perencanaan pembelajaran dilakukan untuk memastikan efektifitas rancangan yang disusun untuk melahirkan pembelajaran bermutu yang mampu menguatkan kompetensi kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif peserta didik.
  2. Mutu perencanaan pembelajaran ditandai oleh adanya ide kreatif dan inovatif dalam merancang situasi belajar yang efektif dan bermakna untuk mewujudkan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
  3. Supervisi pembelajaran agar diupayakan sedapat mungkin menghindari model supervisi yang hanya sebatas pemeriksaan dan memaksakan format tertentu.

SUPERVISI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

  1. Supervisi pelaksanaan pembelajaran dimaksudkan untuk memastikan agar kegiatan pembelajaran dapat memadukan perencanaan dan riil kebutuhan atau kondisi anak sehingga tercapai efektifitas pembelajaran.
  2. Supervisi pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan mengamati kegiatan bermain yang berlangsung dalam situasi maupun area yang telah direncanakan.
  3. Supervisi pelaksanaan pembelajaran memfokuskan pada optimalisasi pemanfaatan bahan ajar, lingkungan dan situasi untuk menciptakan kegiatan bermain yang efektif dan bermakna.

Download Supervisi RA-MI

Filenya bisa anda download pada link berikut ini:
Download Supervisi

SUPERVISI PENILAIAN PEMBELAJARAN

  1. Supervisi penilaian pembelajaran menitikberatkan pada kreasi menciptakan instrumen penilaian yang mampu merangsang keterampilan berpikir tingkat tinggi.
  2. Aspek terpenting yang perlu diperhatikan adalah pendampingan dan pembimbingan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam membuat instrument penilaian, melaksanakan penilaian, mengolah data hasil penilaian dan melakukan tindak lanjut perbaikan pembelajaran
Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya