Capaian Pembelajaran Bahasa Asing Kurikulum Merdeka

Capaian Pembelajaran Bahasa Asing Kurikulum Merdeka
Capaian Pembelajaran Bahasa Asing Kurikulum Merdeka

Capaian Pembelajaran Bahasa Asing Kurikulum Merdeka terdiri dari : Capaian Pembelajaran Bahasa Arab, Capaian Pembelajaran Bahasa Jepang, Capaian Pembelajaran Bahasa Jerman, Capaian Pembelajaran Bahasa Korea, Capaian Pembelajaran Bahasa Mandarin, dan Capaian Pembelajaran Bahasa Prancis untuk jenjang SMA/MA/Program Paket C.

A. Capaian Pembelajaran Bahasa Arab SMA/MA/Program Paket C

1. Karakteristik Mata Pelajaran Bahasa Arab

Bahasa Arab memiliki karakteristik yang unik dan universal. Unik karena bahasa Arab memiliki ciri khas yang membedakannya dengan bahasa lainnya, Universal berarti adanya kesamaan nilai antara bahasa Arab dengan bahasa lainnya.

Adapun beberapa ciri-ciri khusus bahasa Arab yang dianggap unik dan tidak dimiliki bahasa-bahasa lain di dunia adalah sebagai berikut.

  1. Aspek Sistem Bunyi (Nizham Shauty)
  2. Aspek Sistem Kata (Nizham Sharfy)
  3. Aspek Sistem Kalimat (Nizham Nahwi)

2. Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Arab

Fase F (Umumnya untuk kelas XI dan XII SMA/MA/Program Paket C) Pada akhir fase F, peserta didik diharapkan dapat:

  1. menyimak huruf- huruf hijaiyah minimal 500 kosakata dan kalimat-kalimat bahasa Arab;
  2. mengungkapkan kosakata dan kalimat bahasa Arab;
  3. memahami teks-teks dialog/percakapan, cerita narasi, dan deskripsi; dan
  4. menyusun karangan yang berisi dialog/percakapan, cerita narasi, dan deskripsi bahasa Arab.

B. Capaian Pembelajaran Bahasa Jepang SMA/MA/Program Paket C

1. Karakteristik Mata Pelajaran Bahasa Jepang

Karakteristik dalam bahasa Jepang diklasifikasikan ke dalam lima kelompok, yaitu hatsuon (pelafalan), moji (huruf), goi (kosakata), bunpou (tata bahasa), dan hyougen (ungkapan) yang harus dipelajari secara menyeluruh dan terintegrasi.

Pembelajaran bahasa Jepang tingkat SMA/MA/Program Paket C mengasah kemampuan berkomunikasi peserta didik berdasarkan JF Standard dengan memperhatikan hal-hal berikut.

  1. Komunikasi
  2. Reseptif
  3. Produktif
  4. Kompetensi Linguistik
  5. Interaksi

2. .Capaian Pembelajaran Bahasa Jepang

Fase F (Umumnya untuk kelas XI dan XII SMA/MA/Program Paket C) Pada akhir fase F, peserta didik mampu berinteraksi dengan orang lain dalam situasi/kondisi sehari-hari dan lingkup sekolah. Dalam mengembangkan keterampilan menyimak dan berbicara, peserta didik mengikuti/merespons instruksi atau pertanyaan sederhana dalam bahasa Jepang dan membagikan informasi kepada orang lain dengan kosakata sederhana.

Peserta mampu berkomunikasi dengan mencari informasi mandiri melalui berbagai sumber, seperti internet, majalah, lagu, film, dan sebagainya didik menggunakan alat bantu visual dan komunikasi nonverbal.Peserta didik merespons berbagai wacana dalam bahasa Jepang dan menggunakan bahasa Jepang sederhana untuk berinteraksi dan berkomunikasi dalam kegiatan sehari-hari.

Peserta didik memahami rangkaian bunyi huruf pada kosa kata sederhana dalam bahasa Jepang dan menggunakan pemahaman tersebut untuk memproduksi berbagai wacana sederhana dalam bahasa Jepang dengan bantuan contoh baik secara individu ataupun berkolaborasi dalam kelompok.

Peserta didik mampu memahami, menggunakan, menganalisis teks lisan, tulisan, dan visual dalam bahasa Jepang sederhana untuk berkomunikasi sesuai dengan tujuan dan situasi/kondisi yang nyata.

C. Capaian Pembelajaran Bahasa Jerman SMA/MA/Program Paket C

Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Jerman

Fase F (Umumnya untuk kelas XI dan XII SMA/MA/Program Paket C) Pada akhir fase F, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa Jerman setara tingkat A2 standar Gemeinsame Europaische Referenzrahmen fur Sprachen (GER, eng. CEFR) yaitu dapat berkomunikasi secara lisan dan tulis dalam situasi rutinitas sehari- hari, ditandai dengan adanya kemampuan bertukar informasi secara langsung mengenai hal-hal yang biasa dijumpai sehari-hari dan mengungkapkan asal usul, pendidikan, lingkungan terdekat, serta hal- hal yang berhubungan dengan kebutuhan primer dengan menggunakan kalimat-kalimat yang sederhana.

Peserta didik memiliki kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan kemampuan kognitif dan kemampuan linguistik melalui aktivitas mengamati, menganalisis, menginterpretasi, mengelaborasi, menerapkan pengetahuan budaya, memecahkan masalah tentang topik yang dibicarakan, serta menyimpulkan dan mempresentasikan topik secara lisan dan tulis.

D. Capaian Pembelajaran Bahasa Korea SMA/MA/Program Paket C

1. Karakteristik Mata Pelajaran Bahasa Korea

Bahasa Korea adalah verb-final language, bahasa yang verbanya selalu berada di akhir kalimat (Iksop, 2006). Bahasa Korea juga merupakan bahasa aglutinatif yang melekatkan bentuk gramatikal untuk menandai fungsi kata dalam kalimatnya.

2. Capaian pembelajaran Bahasa Korea

Fase F (Umumnya untuk kelas XI dan XII SMA/MA/Program Paket C) Pada akhir Fase F, peserta didik mengenal hubungan bunyi, huruf, bilangan, dan mampu menggabungkannya menjadi kosakata dalam bahasa Korea serta memproduksi tulisan berupa kalimat, frase, paragraf, teks narasi, deskripsi, dan prosedur sederhana.

Peserta didik memahami bahwa bahasa Korea memiliki tingkatan bahasa, yaitu informal, semi-formal, formal, dan bentuk Honorifik sederhana. Peserta didik juga mampu memahami bahasa Korea lisan untuk membantu mereka berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain dalam situasi sosial sehari-hari yang familiar/lazim/rutin, baik dalam situasi formal maupun informal.

E. Capaian Pembelajaran Bahasa Mandarin SMA/MA/Program Paket C

Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Mandarin

Fase F (Umumnya untuk kelas XI dan XII SMA/MA/Program Paket C) Pada akhir fase F, peserta didik memiliki kemampuan berkomunikasi dengan teks interaksional dan transaksional, baik lisan maupun tulis dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, dan pengetahuan lintas budaya sesuai konteks penggunaannya. Peserta didik mengaplikasikan kosakata dan struktur tata bahasa untuk mengekspresikan gagasannya secara lisan dan tulisan dalam beragam ujaran sederhana melalui keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis setara HSK 1 atau CEFR A1.

F. Capaian Pembelajaran Bahasa Prancis SMA/MA/Program Paket C

1. Karakteristik Mata Pelajaran Bahasa Prancis

  1. Mata pelajaran bahasa Prancis diberikan melalui materi yang memuat :
  2. Mata pelajaran bahasa Prancis terdiri atas keterampilan reseptif yang mencakup menyimak dan membaca, dan keterampilan produktif yaitu berbicara dan menulis sesuai standar level A2.2 CECRL.

2. Capaian Pembelajaran Bahasa Prancis

Fase F (Umumnya untuk kelas XI dan XII SMA/MA/Program Paket C) Pada akhir fase F, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa Prancis minimal setara tingkat A2.2 CECRL (Cadre Européen Commun de Références pour Les Langues) yaitu dapat berkomunikasi secara lisan dan tulis dalam situasi rutinitas sehari-hari, ditandai dengan adanya kemampuan bertukar informasi secara langsung mengenai hal- hal yang biasa dijumpai sehari-hari, dan mengungkapkan asal usul, pendidikan, lingkungan terdekat serta hal-hal yang berhubungan dengan kebutuhan primer dengan menggunakan kalimat-kalimat yang sederhana.

Download Capaian Pembelajaran Bahasa Asing

Filenya bisa anda download pada link berikut ini:
Download

Itu saja dari saya, semoga bermanfaat...

Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya