Skip to main content

Contoh Format Penilaian Teknik Catatan Anekdot PAUD TK RA

Contoh Format Penilaian Teknik Catatan Anekdot PAUD TK RA - Catatan anekdot digunakan untuk mencatat seluruh fakta, menceritakan situasi yang terjadi, apa yang dilakukan dan dikatakan anak. Catatan anekdot sebagai jurnal kegiatan harian mencatat kegiatan anak selama melakukan kegiatan setiap harinya.

Catatan anekdot memungkinkan untuk mengetahui perkembangan anak yang indikatornya baik tercantum maupun tidak tercantum pada RPPH.

Hal-hal pokok yang dicatat dalam catatan anekdot meliputi nama anak yang dicatat perkembangannya, kegiatan main atau pengalaman belajar yang diikuti anak dan perilaku, termasuk ucapan yang disampaikan anak selama berkegiatan.

Catatan anekdot dibuat dengan menuliskan apa yang dilakukan atau dibicarakan anak secara objektif, akurat, lengkap dan bermakna tanpa penafsiran subjektif dari guru. Akurat (tepat), objektif (apa adanya, tanpa memberi label misalnya: cengeng, malas, nakal), spesifik (khusus/ tertentu), sederhana (tidak bertele-tele), dan catatan guru terkait dengan indikator yang muncul dari perilaku anak. Catatan berupa jurnal kegiatan akan lebih baik bila disertai foto kegiatan anak.

Jika guru sedang sibuk memfasilitasi anak, dan pada saat yang bersamaan guru sempat menangkap suatu aktivitas bermakna yang dilakukan anak, guru dapat mencoret-coret dengan kode atau kata-kata singkatan sebagai pengingat. Jika memiliki kamera akan lebih mudah untuk merekam berupa foto atau video.

Setelah anak pulang, barulah peristiwa tersebut ditulis lebih lengkap.

Tips sederhana menulis catatan anekdot:

  • Bawa kertas kecil dan alat tulis dalam saku.
  • Sewaktu-waktu diperlukan, keluarkanlah dari saku!
  • Tulis kata singkat atau gambar mencerminkan perilaku bermakna yang sedang terjadi.

Setelah anak-anak pulang, salinlah dalam buku/catatan khusus anekdot. Cukup beberapa kalimat.

Download Catatan Anekdot

Demikian dari kami tentang Contoh..., semoga bisa memberikan manfaat untuk kemajuan dan kesejahteraan guru di Indonesia. Amin...

Berbagi itu peduli:

Catatan:

File yang kami bagikan bisa langsung di download. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya

Menarik Untuk Dibaca Juga:

Lihat lebih banyak komentar
Privacy | Daftar Isi
©2021 NOM IFROD