Contoh Soal PAT / UKK Kelas 4 SD MI Semester 2 Kurikulum Merdeka

Contoh Soal PAT / UKK Kelas 4 SD MI Semester 2 Kurikulum Merdeka
Contoh Soal PAT / UKK Kelas 4 SD MI Semester 2 Kurikulum Merdeka

Assalamu alaikum wr wb... Senang bisa menyapa anda kembali semoga sehat dan semangat ya. Sekarang admin NomIfrod.com akan membagikan Contoh Soal PAT / UKK Kelas 4 SD MI Semester 2 Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

Soal Sumatif Akhir Semester (SAS) Kelas 4 SD MI terdiri dari mata pelajaran berikut:

  • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Jawa
  • Bahasa Inggris
  • Matematika
  • Pendidikan Agama Islam
  • PJOK
  • Seni rupa
  • PKn
  • IPAS
  • Akidah Akhlak
  • Al-Qur'an Hadits
  • Fikih
  • SKI

Sumatif Akhir Semester (SAS) merupakan bentuk evaluasi akhir semester oleh Satuan Pendidikan yang mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Sedangkan Penilaian Akhir Tahun (PAT) merupakan penilaian akhir semester oleh Satuan Pendidikan yang mengimplementasikan Kurikulum 2013.

Penilaian atau asesmen sumatif pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah bertujuan untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran dan/atau Capaian Pembelajaran (CP) Peserta Didik, sebagai dasar penentuan kenaikan kelas dan/atau kelulusan dari Satuan Pendidikan. Penilaian pencapaian hasil belajar Peserta Didik dilakukan dengan membandingkan pencapaian hasil belajar Peserta Didik dengan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

Soal Asesmen Sumatif merujuk pada jenis pertanyaan atau tugas evaluasi yang dirancang untuk mengukur pencapaian akhir siswa pada suatu periode tertentu, seperti akhir semester atau akhir tahun. Tujuan dari asesmen sumatif adalah untuk memberikan gambaran komprehensif tentang kemampuan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan.

Asesmen sumatif dapat dilakukan setelah pembelajaran berakhir, misalnya pada akhir satu lingkup materi (dapat terdiri atas satu atau lebih tujuan pembelajaran), pada akhir semester, atau pada akhir fase. Sementara khusus pada akhir semester, asesmen sumatif bersifat pilihan.

Asesmen sumatif / Sumatif Akhir Semester (SAS) bisa dilakukan pada akhir semester jika guru merasa masih memerlukan konfirmasi atau informasi tambahan untuk mengukur pencapaian hasil belajar murid. Sebaliknya, jika guru merasa bahwa data hasil asesmen yang diperoleh selama 1 semester telah mencukupi, maka tidak perlu lagi dilakukan asesmen pada akhir semester.

Hal yang perlu ditekankan, untuk asesmen sumatif, guru dapat menggunakan teknik dan instrumen yang beragam, tidak hanya berupa tes, namun dapat menggunakan observasi dan performa (praktik, menghasilkan produk, melakukan projek, atau membuat portofolio).

Umpan balik dari asesmen hasil akhir ini (sumatif) dapat digunakan untuk mengukur, untuk mendapur perkembangan murid, untuk memandu guru merancang aktivitas pada pembelajaran berikutnya.

Pada Kurikulum Merdeka, guru diharapkan untuk lebih banyak mengutamakan asesmen formatiatkan umpan balik dan mengetahui perkembangan murid. Namun, asesmen sumatif juga tetap digunakan untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran.

Berikut kami bagikan referensi soal Sumatif Akhir Semester (SAS) Kurikulum Merdeka SD MI Kelas 4 Semester 2 yang dapat bapak ibu guru kembangkan dan disesuaikan kebutuhan lembaga masing-masing.

Demikian dari kami tentang Contoh Soal PAT / UKK Kelas 4 SD MI Semester 2 Kurikulum Merdeka, semoga bisa memberikan manfaat untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Amin...

Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya