Contoh Dokumen 1 RA Implementasi Kurikulum Merdeka Terbaru 2023

Contoh Dokumen 1 RA Implementasi Kurikulum Merdeka Terbaru 2023
Contoh Dokumen 1 RA Implementasi Kurikulum Merdeka Terbaru 2023

Assalamu alaikum wr wb... Senang bisa menyapa anda kembali semoga sehat dan semangat ya. Sekarang admin NomIfrod.com akan membagikan Contoh Dokumen 1 RA Implementasi Kurikulum Merdeka Terbaru 2023 format MS Word yang bisa anda edit sesuai kebutuhan masing-masing lembaga.

Komponen Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) pada satuan RA terdiri dari: karakteristik RA: visi, misi, dan tujuan RA: Pengorganisasian pembelajaran: Perencanaan pembelajaran: Pendampingan dan pengembangan profesional di satuan RA.

Dokumen 1 Kurikulum ini terdiri dari beberapa dokumen:

  • Asesmen awal
  • Catatan anekdot
  • Ceklis capaian anak
  • Contoh kurikulum
  • Dokumentasi hasil karya
  • Jadwal aktivitas belajar RA
  • Kalender pendidikan
  • Modul ajar
  • Modul modul projek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin (P5 & PPRA)
  • Peta konsep topik
  • Program tahunan
  • Silabus RA
  • Capaian pembelajaran (CP)
  • Tujuan pembelajaran (TP)
  • Indikator ketercapaian tujuan pembelajaran (IKTP)

1. Karakteristik Satuan RA

Sebelum mengembangkan KOM, satuan RA perlu melakukan analisis karakteristik dan lingkungan belajar dengan menampung aspirasi anggota komunitas, dan menjadikan visi dan misi sebagai arahan yang disepakati oleh seluruh warga satuan RA . Dari analisis konteks, diperoleh gambaran mengenai karakteristik satuan RA, termasuk anak, tenaga pendidik, tenaga kependidikan, dan sosial budaya.

Dalam menganalisis karakteristik, satuan RA perlu melakukan evaluasi kesiapan implementasi sehingga dapat menyesuaikannya dengan pilihan yang akan dijalankan. Pilihan-pilihan ini bertujuan untuk memberikan gambaran bagi satuan RA bahwa penyusunan dan pelaksanaan kurikulum operasional dapat dilakukan sesuai kesiapan dan kondisi masing-masing satuan RA.

Satuan RA diharapkan melakukan refleksi secara rutin agar dapat menentukan pilihan yang tepat dalam menyusun dan melaksanakan kurikulum operasional.

2. Penyusunan Visi, Misi, dan Tujuan RA

Visi, misi, dan tujuan menjadi referensi arah pengembangan dan menunjukkan prioritas satuan RA. Merumuskan visi, misi, dan tujuan satuan RA merupakan langkah awal yang sangat penting sebagai acuan utama dalam merancang pembelajaran yang berkualitas. Untuk satuan RA, visi, misi, dan tujuan harus berpusat pada anak.

Visi menggambarkan bagaimana anak menjadi subjek dalam tujuan jangka panjang satuan RA dan nilai-nilai yang dituju berdasarkan hasil analisis karakteristik satuan RA. Nilai-nilai yang mendasari penyelenggaraan pembelajaran agar anak dapat mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamiin yang mengacu pada STPPA.

Misi adalah pernyataan bagaimana satuan RA mencapai visi yang ditetapkan untuk menjadi rujukan bagi penyusunan program jangka pendek, menengah, dan jangka panjang, dengan berdasarkan masukan dari seluruh warga satuan RA. Misi menjawab bagaimana satuan RA mencapai visi dan nilai-nilai penting yang diprioritaskan selama menjalankan misi.

Tujuan adalah gambaran hasil yang akan dicapai dalam kurun waktu tertentu oleh setiap satuan RA dengan mengacu pada karakteristik dan/atau keunikan setiap satuan RA sesuai dengan prinsip yang sudah ditetapkan. Tujuan akhir dari kurikulum satuan RA berdampak kepada anak.

Tujuan menggambarkan tahapan-tahapan (milestone) penting dan selaras dengan misi. Strategi satuan RA untuk mencapai tujuan pendidikan. Kompetensi/karakteristik yang menjadi kekhasan lulusan suatu satuan RA dan selaras dengan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil alamiin (PPRA).

3. Pengorganisasian Pembelajaran

Pengorganisasian pembelajaran adalah cara satuan RA mengatur pembelajaran dari muatan kurikulum dalam satu rentang waktu. Pengorganisasian ini termasuk pula mengatur beban belajar dalam struktur kurikulum, muatan pembelajaran dan area belajar, pengaturan waktu belajar, serta proses pembelajaran.

Penyusunan struktur kurikulum merupakan hal penting di dalam mengorganisasikan pembelajaran. Struktur kurikulum adalah pola dan susunan muatan/materi pembelajaran yang harus ditempuh oleh anak pada satuan RA dalam kegiatan pembelajaran dan merupakan aplikasi dari konsep pengorganisasian konten dan beban belajar.

Unduh Contoh Dokumen 1 IKM RA

Demikian dari kami tentang Contoh Dokumen 1 RA Implementasi Kurikulum Merdeka 2023, semoga bisa memberikan manfaat untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Amin...

Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya