ATP PJOK Face A B C Kelas 1 2 3 4 5 6 SD MI Kurikulum Merdeka

ATP PJOK Face A B C Kelas 1 2 3 4 5 6 SD MI Kurikulum Merdeka
ATP PJOK Face A B C Kelas 1 2 3 4 5 6 SD MI Kurikulum Merdeka

Silabus adalah istilah dalam kurikulum 2013 yang merupakan komponen awal setelah dokumen 1 dalam pembelajaran, tapi pada kurikulum merdeka kita kenal dengan istilah Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) untuk setiap mata pelajaran.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) berfungsi sebagai acuan atau pedoman dalam membuat atau mendesain pembelajaran yang berisi tujuan pembelajaran di setiap fase awal sampai akhir. Untuk jenjang SD MI atau yang sederajat dibagi 3 face sebagai berikut:

  1. Fase A untuk kelas 1 dan 2
  2. Fase B untuk kelas 3 dan 4
  3. Fase C untuk kelas 5 dan 6

Capaian Pembelajaran (CP) adalah kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik pada setiap fase pendidikan. CP ini menggambarkan tujuan umum yang ingin dicapai dan ketersediaan waktu yang tersedia untuk mencapainya.

Sebelum melaksanakan pembelajaran, pendidik perlu menganalisa capaian pembelajaran untuk menyusun tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran (ATP).

Prosedur dalam menyusun ATP kurikulum merdeka sebagai berikut:

  • Menganalisa capaian pembelajaran (CP) kurikulum merdeka
  • Mengidentifikasi kompetensi
  • Merumuskan tujuan pembelajaran
  • Mengidentifikasi elemen
  • Kegiatan pembelajaran

ATP PJOK Fase A

secara umum Tujuan Pembelajaran / TP dari mata pelajaran PJOK pada pase A untuk kelas 1 dan 2 dapat dirumuskan sebagai berikut :

  1. Peserta didik dapat menirukan aktivitas pola gerak dasar.
  2. Peserta didik dapat menirukan aktivitas senam.
  3. Peserta didik dapat menirukan aktivitas gerak berirama.
  4. Peserta didik dapat menirukan aktivitas permainan dan olahraga air (kondisional).
  5. Peserta didik memahami prosedur dalam melakukan pola gerak dasar.
  6. Peserta didik memahami prosedur dalam melakukan aktivitas senam.
  7. Peserta didik memahami prosedur dalam melakukan aktivitas gerak berirama.
  8. Peserta didik memahami prosedur dalam melakukan aktivitas permainan dan olahraga air (kondisional).
  9. Peserta didik mampu mempraktikkan latihan pengembangan kebugaran jasmani terkait kesehatan.
  10. Peserta didik mampu mempraktikkan pola perilaku hidup sehat berupa mengenali nama dan fungsi anggota tubuh.
  11. Peserta didik mampu menjaga kebersihan diri dan lingkungan.
  12. Peserta didik menunjukkan perilaku bertanggung jawab dalam menyimak arahan dan umpan balik yang diberikan guru.
  13. Peserta didik mulai dapat menghormati orang lain.

ATP PJOK Fase B

secara umum Tujuan Pembelajaran / TP dari mata pelajaran PJOK pada pase B untuk kelas 3 dan 4 dapat dirumuskan sebagai berikut :

  1. Peserta didik dapat mempraktikkan variasi pola gerak dasar dan keterampilan gerak secara mandiri tanpa meniru contoh.
  2. Peserta didik dapat menerapkan variasi pola gerak dasar dan keterampilan gerak dalam permainan dan olahraga.
  3. eserta didik dapat menerapkan prosedur dan mempraktikkan latihan pengembangan kebugaran jasmani sesuai ukuran dan intensitas aktivitas jasmani (ringan hingga sedang).
  4. Peserta didik menunjukkan kemampuan dalam menerapkan pola perilaku hidup sehat, termasuk aktivitas jasmani, istirahat, pengisian waktu luang, serta memilih makanan bergizi dan seimbang.
  5. Peserta didik dapat menerapkan prosedur pemeliharaan kebersihan dan kesehatan alat reproduksi, serta kesehatan diri dan orang lain dari penyakit menular dan tidak menular.
  6. Peserta didik dapat mengarahkan diri dalam proses pembelajaran dan menunjukkan perilaku bertanggung jawab terhadap belajar.
  7. Peserta didik mampu menerima dan mengimplementasikan arahan dan umpan balik yang diberikan oleh guru.
  8. Peserta didik dapat mendukung adanya keriangan dalam aktivitas jasmani.

Download ATP PJOK Face A B C

ATP PJOK Fase C

secara umum Tujuan Pembelajaran / TP dari mata pelajaran PJOK pada pase C untuk kelas 5 dan 6 dapat dirumuskan sebagai berikut :

  1. Peserta didik dapat mempraktikkan modifikasi pada berbagai aktivitas pola gerak dasar dan keterampilan gerak dalam permainan dan olahraga.
  2. Peserta didik dapat mengembangkan kemampuan dalam mempraktikkan modifikasi tersebut melalui berbagai latihan dan kegiatan dalam satu atau lebih jam pelajaran.
  3. Peserta didik mampu memahami pentingnya modifikasi dalam meningkatkan keberagaman dan inklusivitas dalam aktivitas jasmani, serta dapat menerapkan penyesuaian tersebut dalam berbagai konteks.
  4. a didik dapat menerapkan konsep dan prinsip modifikasi pada berbagai aktivitas pola gerak dasar dan keterampilan gerak dalam permainan dan olahraga.
  5. Peserta didik dapat mengembangkan pemahaman dan keterampilan dalam menerapkan konsep dan prinsip modifikasi melalui berbagai latihan dan kegiatan dalam satu atau lebih jam pelajaran.
  6. Peserta didik mampu mengaplikasikan konsep dan prinsip modifikasi pada berbagai konteks aktivitas jasmani dan memahami manfaatnya dalam meningkatkan keberagaman, inklusivitas, dan pengalaman belajar.
  7. Peserta didik dapat menerapkan konsep dan prinsip serta mempraktikkan aktivitas untuk pengembangan kebugaran jasmani terkait kesehatan.
  8. Peserta didik memiliki pengetahuan tentang bahaya merokok, meminum minuman keras, dan menyalahgunakan narkotika, zat-zat aditif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya, serta memiliki kemampuan untuk menghindarinya.
  9. Peserta didik memiliki pengetahuan tentang risiko dan langkah-langkah pencegahan cidera dan berbagai risiko dalam aktivitas jasmani dan olahraga.
  10. Peserta didik memiliki pemahaman dan menerapkan pola perilaku hidup sehat, termasuk pemilihan makanan bergizi dan mengatur waktu istirahat.
  11. Peserta didik terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran berdasarkan kesadaran personal dan tanggung jawab sosial.
  12. Peserta didik meyakini adanya interaksi sosial melalui aktivitas jasmani.

Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya