Syarat Syarat Shalat Jamak Taqdim dan Jamak Takhir

Syarat Syarat Shalat Jamak Taqdim dan Jamak Takhir
Syarat Syarat Shalat Jamak Taqdim dan Jamak Takhir

Syarat Jamak Taqdim adalah: (1). Tertib; Apabila musafir mau melakukan jamak shalat dengan jamak taqdim, maka dia harus mendahulukan shalat yang punya waktu terlebih dahulu. Semisal musafir akan menjamak shalat maghrib dengan isya’, maka dia harus mengerjakan shalat maghrib terlebih dahulu. (2). Niat jamak pada waktu shalat yang pertam; Apabila musafir hendak melakukan shalat dengan jamak taqdim,maka diharuskan niat jamak pada waktu melaksanakan shalat yang pertama.

(3) Muwalah (bersegera); Maksudnya adalah antara kedua shalat tidak ada selang waktu yang dianggap lama oleh ‘uruf. Apabila dalam jamak terdapat pemisah yang dianggap lama oleh ‘uruf, seperti melakukan shalat sunat, maka mushalli tidak dapat melakukan jamak dan harus mengakhiri shalat yang kedua serta mengerjakannya pada waktu yang semestinya. (4). Masih berstatus musafir sampai selesainya shalat yang kedua; Apabila sebelum melaksanakan shalat yang kedua ada niatan mukim, maka mushalli tidak beleh melakukan jamak, sebab udzurnya dianggap habis dan harus mengakhirkan shalat yang kedua pada waktunya.

Catatan : Diperkenankannya menjamak shalat, disamping harus memenuhi syarat-syarat diatas, syarat-syarat qashar juga harus terpenuhi semua, seperti harus keluar dari batas desa, dalam perjalanan mubah dll.

  1. Niat jamak pada waktu shalat yang pertama. Waktu niat dalam jamak ta’khir adalah mulai masuknya waktu shalat yang pertama sampai tersisa waktu kira2 memuat satu rakaat.
  2. Tetapnya perjalanan sampai selesainya shalat yang kedua. Artinya apabila seorang musafir yang belum mengerjakan shalat jamak, atau tengah mengerjakannya , ternyata mukim, baik dengan niat mukim ditengah2 shalat atau ragu; apakah dia niat mukim atau tidak, maka shalat yang pertama tidak jadi dan harus qadla’.

Sedangkan tertib dan muwalat tidak menjadi persyaratan dalam jamak ta’khir.
Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya