Contoh KI KD SMP MTs Kelas 7 8 9 Semua Mapel Kurikulum 2013

Contoh KI KD SMP MTs Kelas 7 8 9 Semua Mapel Kurikulum 2013
Contoh KI KD SMP MTs Kelas 7 8 9 Semua Mapel Kurikulum 2013

Lengkap Contoh KI KD SMP MTs Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013. Kompetensi inti dan kompetensi dasar (KI-KD) untuk kelas 1 2 3 sekolah menengah pertama (SMP) / Madrasah tsanawiyah (MTs) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti , Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika , Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Bahasa Inggris, Seni Budaya, Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan.

Kompetensi Dasar dibutuhkan untuk mendukung pencapaian kompetensi lulusan melalui Kompetensi Inti. Selain itu, Kompetensi Dasar diorganisir ke dalam berbagai mata pelajaran yang pada gilirannya berfungsi sebagai sumber kompetensi. Kompetensi Inti bukan untuk diajarkan melainkan untuk dibentuk melalui pembelajaran berbagai kompetensi dasar dari sejumlah mata pelajaran yang relevan. Dalam hal ini mata pelajaran diposisikan sebagai sumber kompetensi.

Rumusan Kompetensi Inti ini menggunakan notasi:

  • KI-1 untuk Kompetensi Inti sikap spiritual
  • KI-2 untuk Kompetensi Inti sikap sosial
  • KI-3 untuk Kompetensi Inti pengetahuan
  • KI-4 untuk Kompetensi Inti keterampilan

Dalam mendukung Kompetensi Inti, capaian pembelajaran mata pelajaran diuraikan menjadi kompetensi-kompetensi dasar. Pencapaian Kompetensi Inti adalah melalui pembelajaran kompetensi dasar yang disampaikan melalui mata pelajaran. Rumusannya dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran. Sebagai pendukung pencapaian Kompetensi Inti, kompetensi dasar dikelompokkan menjadi empat sesuai dengan rumusan Kompetensi Inti yang didukungnya, yaitu:

  • Kelompok kompetensi dasar sikap spiritual (mendukung KI-1) atau kelompok 1,
  • Kelompok kompetensi dasar sikap sosial (mendukungKI-2) atau kelompok 2,
  • Kelompok kompetensi dasar pengetahuan (mendukung KI-3)atau kelompok 3, dan
  • Kelompok kompetensi dasar keterampilan (mendukung KI-4).atau kelompok 4.

Uraian kompetensi dasar yang rinci ini adalah untuk memastikan bahwa capaian pembelajaran tidak berhenti sampai pengetahuan saja, melainkan harus berlanjut ke keterampilan, dan bermuara pada sikap. Melalui Kompetensi Inti, tiap mata pelajaran ditekankan bukan hanya memuat kandungan pengetahuan saja, tetapi juga memuat kandungan proses yang berguna bagi pembentukan keterampilannya. Selain itu juga memuat pesan tentang pentingnya memahami mata pelajaran tersebut sebagai bagian dari pembentukan sikap. Hal ini penting mengingat kompetensi pengetahuan sifatnya dinamis karena pengetahuan masih selalu berkembang.

KD Bahasa Indonesia SMP
KD Bahasa Inggris SMP
KD IPS SMP
KD IPA SMP
KD Matematik SMP
KD PAI SMP
KD Penjas SMP
KD PKN SMP
KD Seni Budaya SMP

Demikian Nom Ifrod membagikan file Download Contoh KI KD SMP MTs Kelas 7 8 9 lengkap untuk Semua Mapel Kurikulum 2013 yang bisa anda pada link diatas.
Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya