Skip to main content

Panduan Penilaian Terbaru Untuk SMP MTs Kurikulum 2013 Permendikbud 2016


Hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan Kurikulum 2013 tingkat SMP pada 2014 menunjukkan bahwa salah satu kesu­litan pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 adalah dalam melaksanakan penilaian. Sekitar 60% respon­den pendidik menyatakan, mereka belum dapat merancang, melaksanakan, mengolah, melaporkan, dan memanfaatkan hasil penilaian dengan baik.

Kesulitan utama yang dihadapi pendidik: merumuskan indikator, menyusun butir -butir in­strumen, dan melaksanakan penilaian sikap dengan berbagai macam teknik. Selain itu, banyak di antara pendidik yang kurang percaya diri dalam melaksanakan penilaian keteram­pilan. Mereka belum sepenuhnya memahami bagai mana me­nyusun instrumen dan rubrik penilaian keteram pilan

Panduan penilaian ini mencakup: konsep penilaian; penilaian oleh pendidik yang meliputi penilaian aspek sikap, penilaian aspek pengetahuan, dan peni­laian aspek keterampilan; dan penilaian oleh satuan pendidikan.

Panduan penilaian ini memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan berkaitan dengan hal-hal berikut:

  • Merencanakan, mengembangkan instrumen, dan melaksanakan penilaian hasil belajar.
  • Menganalisis dan menyusun laporan, termasuk mengisi rapor serta me­manfaatkan hasil penilaian.
  • Menerapkan program remedial bagi peserta didik yang belum mencapai KKM, dan program pengayaan bagi peserta didik yang telah mencapai ke­tuntasan belajar minimal.
  • Melaksanakan supervisi penilaian.

Seperti itulah sekilas penjelasan dari Nom Ifrod tentang Panduan Penilaian Terbaru Untuk SMP MTs Kurikulum 2013 Permendikbud 2016. Selanjutnya silahkan anda unduh pada link dibawah ini:

Panduan Penilaian Terbaru Untuk SMP MTs Kurikulum 2013

Demikian dari kami, semoga bisa mambantu dan bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Amin...
Info: Supaya mudah mengakses NomIfrod.com ini, silahkan klik icon 3 titik di browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya bisa akses NomIfrod.com dari layar utama smartphone dengan klik ikon NomIfrod.com.