Skip to main content

follow us

Aplikasi Raport RA Kurikulum 2013 Versi Kemenag Jatim Format Excel


Berikut ini kami bagikan Aplikasi Raport RA Kurikulum 2013 Format Excel versi kementerian agama wilayah jawa timur untuk mengumpulkan data dan mengolah data untuk Rapor Penilaian Pembelajaran Siswa untuk kelas binaannya masing-masing. Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan guru kelas untuk melakukan pengumpulan dan pengolahan data, menyimpan database data yang akan diolah dan mencetak hasil pengolahan akhir berupa RAPOR Penilaian Perkembangan Anak beserta lampiran-lampiran yang diperlukan.

Aplikasi ini akan menyimpan semua data yang di input. Yaitu: Input data siswa, data kehadiran, foto siswa, kompilasi mingguan, data kesehatan, ekstrakurikuler, Kompilasi periodik, Penilaian raport. Untuk kemudian dicetak hasilnya seperti: Cetak laporan penilaian pembelajaran siswa, lampiran catatan kesehatan, cover, identitas siswa, daftar kehadiran, kompilasi data bulanan.

Aplikasi ini telah dirancang sedemikian rupa sehingga guru kelas hanya memilih aksi yang akan dilakukan dengan menekan (klik) tombol perintah yang disediakan dan selanjutnya memasukkan data pada format yang juga telah disediakan. Kemudian data yang telah dimasukkan (diinput) kemudian aplikai dapat menyimpan, merubah, dan mencetak hasil pengolahan datanya.

Data yang harus dimasukkan sesuai dengan permintaan pada format yang telah disediakan. Proses untuk pengolahan data adalah dengan memasukkan (input) data ke dalam format yang telah disediakan dalam aplikasi yang terdiri dari :

  1. Identitas RA: Isi Data RA sesuai informasi yang dibutuhkan.
  2. Identitas Siswa: Isi data Siswa sesuai informasi yang dibutuhkan
  3. Daftar Kehadiran Siswa: Isi data kehadiran Siswa didik per bulan
  4. Pengumpulan Data: Di isi dari catatan Harian Skala Perkembangan, Catatan Harian Anekdot dan Catatan Harian Hasil Karya (contoh catatan harian ada pada lampiran juknis). Pengumpulan data dilakukan (di input ke dalam aplikasi) per minggu untuk menghasilkan kompilasi data mingguan.

Aplikasi akan merekap kompilasi data mingguan secara otomatis untuk menghasilkan KOMPILASI DATA BULANAN. Kompilasi data bulanan per anak ini digunakan oleh guru kelas untuk membuat RAPOR PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK. Guru kelas melakukan penilaian naratif terhadap 6 Aspek Perkembangan Anak. Setelah selesai data disimpan dan kemudian dapat dicetak.

Guru kelas juga harus mengisi data catatan kesehatan (jika dilakukan pemeriksaan kesehatan dan pertumbuhan anak) dan catatan kegiatan ekstrakurikuler (jika ada) . Kemudian CATATAN KESEHATAN ANAK dan CATATAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER dapat dicetak sebagai lampiran RAPOR PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK,

Guru kelas melakukan input pengumpulan data setiap minggu, untuk data kehadiran anak cukup dilakukan per bulan. Sedangkan untuk Penilaian RAPOR Penilaian Pembelajaran siswa dilakukan per 6 (enam) bulan / per semester. Aplikasi ini digunakan untuk 1 (satu) tahun pelajaran yang mencakup semester 1 (satu) dan semester 2 (dua).

Download aplikasi raport RA kurikulum 2013 format excel terbaru


Selengkapnya bisa anda download pada link berikut ini:Download

Demikian dari kami tentang Aplikasi Raport RA Kemenag Jatim Kurikulum 2013 Format Excel, semoga bisa memberikan manfaat untuk pendidikan Raudlatul Athfal kedepan. Amin...

Referensi: IGRA Jawa Timur
Buka Komentar