Skip to main content

follow us

Tips Blogger Pendidikan Supaya Pengunjung Betah dan Nyaman Dengan Blog Kita


Seperti kita ketahui bersama bahwa hampir semua kepentingan dan kebutuhan disajikan secara online seperti bisnis, kesehatan, tutorial / tips, termasuk dunia pendidikan. Jika dulu semua kebutuhan administrasi sekolah, guru dan siswa, format rapor harus mencari contoh ke sekolah / guru yang lain, bahkan pendataan pun dilakukan secara manual menggunakan kertas.

Sekarang di dunia pendidikan ikut online! Baik dibidang administrasi, metode belajar, perangkat pembelajaran, data lembaga, guru dan siswa semuanya kita lakukan dengan bermodalkan kuota internet sudah bisa mencari contoh-contoh administrasi yang kita inginkan, dan data siswa sudah tidak menggunakan kertas tapi melalui sistem aplikasi online seperti dapodik, simpatika dan emis.

Karena kebutuhan itulah, kita sebagai blogger pendidikan tentu saja dituntut untuk lebih memaksimalkan konten yang dibutuhkan oleh pihak terkait seperti kepala sekolah, guru dan lain-lain. Selain itu, kita juga harus memberikan kepercayaan kepada pengunjung bahwa blog kita lebih profesional dengan menggunakan domain sendiri, dan memberikan kenyamanan kepada pengunjung dengan menggunakan hosting handal sebagai tempat penyimpanan file dokumen dan lainnya.

Dengan begitu, file contoh format administrasi seperti apapun bisa di download oleh pengunjung dengan mudah dan cepat, memberikan pelayanan yang terbaik sesuai kemampuan masing-masing.

Mungkin supaya saling berbagi sesama blogger termasuk yang bergelut di dunia pendidikan, saya ada tips yang bisa anda coba sendiri satu persatu untuk memberikan kenyamanan terhadap pengunjung blog kita berikut ini:

  1. Gunakan domain TLD (top level domain); jika blog kita sudah memiliki domain sendiri, secara otomatis terlihat lebih profesional dan memiliki nama unik sebagai ciri khas yang mudah diingat oleh pengunjung, karena bisa jadi mereka bisa kembali lagi ke blog kita.
  2. Desain yang minimalis; Gunakan template yang tidak terlalu ribet dengan pernak-pernik yang tidak yang tidak dibutuhkan apalagi terlalu banyak kode dan javascript.
  3. Responsive; selain desain yang minimalis, juga harus responsive yang bisa menyesuaikan dengan besar kecilnya layar yang digunakan pengunjung, apalagi sekarang sudah jamannya smartphone / android. Dalam hal ini, saya lebih menekankan anda bisa otak-atik template sendiri.
  4. Jika platform blog anda menggunakan wordpress maka gunakanlah hosting yang handal supaya loadingnya cepat, juga pelayanan yang bagus.

Dari keempat poin diatas, menurut anda mana yang paling penting? Menurut saya sendiri sama-sama penting sih, hanya mungkin harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemauan masing-masing.

Namun kalau bicara hosting tentu saja harus lebih ekstra teliti, baik dari penyedia hosting indonesia maupun luar negeri. Karena hal ini sangat berpengaruh terhadap kinerja website / blog kita nantinya, jadi harus pinter-pinter memilih dan memilah dari penyedia hosting terbaik. Kalau tidak, kinerja website anda akan terganggu. Percuma memiliki konten berkualitas tapi servernya sering ngadat.

Di Indonesia sendiri ada banyak pilihan penyedia hosting, tapi saran saya pilihlah penyedia hosting Indonesia terbaik dengan fitur lengkap dari Niagahoster.

Salah satu fitur hosting terbaik Niagahoster adalah:

  1. Server Indonesia Terbaik
  2. Technical Support 24/7
  3. Harga Hosting Termurah
  4. Domain dan SSL Gratis
  5. Keamanan Server yang Canggih
  6. Komisi Afiliasi Menarik
  7. 1 Click Script
  8. cPanel Terlengkap
  9. Garansi 30 Hari Uang Kembali

Selain itu juga terdapat fitur BitNinja Smart Server Security yang merupakan sistem keamanan / Proteksi Hacker, DDoS, BotNet, Spam dan Malware untuk Website Anda.

  1. ANTI HACKER: BitNinja Cloud server mengumpulkan info serangan dari BitNinja protected server di seluruh dunia dan memfilter serangan sejenis di server lainnya.
  2. ANTI DDOS ATTACK: Module keamanan port honeypot, Log Analysis dan Dos Sensor BitNinja menganalisa setiap koneksi dan memblokir koneksi yang berpotensi serangan.
  3. ANTI SPAMMER: Fitur Botnet Protection dan IP Reputation BitNinja memfilter IP berbahaya di seluruh dunia dan memblokirnya.

Cara kerja BitNinja bisa anda lihat pada video berikut ini:


Itu sih dari saya semoga bermanfaat...
Buka Komentar