Skip to main content

follow us

Panduan Sistem Aplikasi RKAS Kemendikbud


RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) merupakan sebuah sistem informasi yang dibuat untuk menangani masalah manajemen keuangan sekolah mulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengawasan atau pengendalian. Dengan sistem yang terdistribusi diharapkan berbagai pihak yang terlibat mampu berkoordinasi dengan baik.

Sistem Informasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) merupakan sistem yang terpusat (terdistribusi), dimana dalam pengolahan datanya ada sebagian yang melibatkan pihak dinas pendidikan kabupaten. Namun demikian sistem ini juga dapat bekerja secara offline, sehingga tidak merepotkan para user yang menggunakannya.

Berikut ini isi menu panduan aplikasi RKAS


Menu Penanggung Jawab
Menu penanggung jawab adalah menu yang sangat penting ketika anda memulai aplikasi RKAS ini, karena anda tidak akan bisa melakukan proses apapun sebelum anda mengisi bagian-bagian yang ada pada menu penanggung jawab, salah satunya adalah anggaran rutin.

Menu RAPBS
Menu RAPBS adalah menu yang akan sering digunakan dalam aplikasi ini, karena merupakan bagian yang berfungsi untuk setiap pencatatan penggunaan anggaran.

Menu Indikator
Menu Indikator merupakan menu yang digunakan untuk mengukur bagaimana realisasi dari RAPBS yang sudah dibuat. Secara tidak langsung indikator digunakan sebagai dasar penilaian kinerja Kegiatan. Pendekatan yang digunakan meliputi pendekatan Capaian, Masukan, keluaran, hasil dan kelompok sasaran. Masing-masing indikator memiliki tolak ukur kinerja dan target kinerja yang harus diisi oleh pihak sekolah.

Menu Pengesahan
Menu pengesahan digunakan setelah RAPBS diisi lengkap sesuai dengan rencana penganggaran pihak sekolah. Menu pengesahan berfungsi untuk mengirim data ke pusat untuk dilakukan verifikasi terhadap RAPBS yang telah kita buat.

Menu Cek Status
Menu pengesahan digunakan setelah RAPBS diisi lengkap sesuai dengan rencana penganggaran pihak sekolah. Menu pengesahan berfungsi untuk mengirim data ke pusat untuk dilakukan verifikasi terhadap RAPBS yang telah kita buat.

Print RAPBS
Modul ini adalah modul yang digunakan untuk mencetak laporan RAPBS yang sudah dibuat kedalam bentuk hardcopy atau dicetak kedalam kertas. Tujuannya adalah dokumen yang sudah dicetak tersebut harus ditandatangani oleh pihak-pihak terkait kemudian laporan tersebut dikirim ke pusat dan atau sebagai dokumentasi pihak sekolah dan untuk kebutuhan lain jika diperlukan. Pada bagian ini terdapat 2 (dua) jenis laporan yaitu RAPBS (secara keseluruhan dan RAPBS per triwulan.

Print RKA
RKA adalah Rencana Kerja dan Anggaran. Ini adalah bentuk laporan yang merupakan hasil penginputan data pada bagian menu indicator yang sudah kita input sebeumnya. Langkahnya adalah anda buka Tab RKAS, kemudian pilih menu Print RKA.

PRINT APBS
Menu ini digunakan untuk mencetak seluruh anggaran APBS Bos Pusat atau pun APBS Bos Pusat Perubahan. Caranya anda klik menu Print APBS pada modul RKAS, kemudian akan muncul form pilihan APBS yang akan dicetak.

Print DPA
Print DPA adalah menu untuk mencetak laporan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) unit kerja. Didalamnya terdapat informasi pelaksanaan anggaran bos yng terkait dengan rekapitulasi belanja langsung berdasarkan program dan kegiatan.

Menu Aktivasi Buku Kas Umum
Menu ini berfungsi untuk mengaktifkan anggaran yang akan digunakan. Dimana setiap bulannya sudah di plot jumlah anggarannya.

Buku Kas Umum
Buku kas umum adalah menu yang digunakan untuk pencatatan keluar atau masuk anggaran. Semuanya akan dicatat pada menu ini, mulai dari pengeluaran secara tunai, via Bank dan lain-lain. Yang ditampilkan hanyalah data bulan berjalan.

baca juga:
Aplikasi kas umum BOP RA excel
Aplikasi kas umum sekolah excel

Buku Kas Umum Sisa
Buku Kas Umum Sisa ini sebenarnya secara proses tidak jauh berbeda dengan dengan menu Buku Kas Umum, perbedaanya hanya terletak pada mata anggaran yang digunakannya. Jika BKU mata anggaran yang digunakan adalah mata anggaran pada tahun berjalan, sementara BKU sisa adalah nilai anggaran yang digunakannya adalah mata anggaran pada tahun lalu atau sebelumnya. Semua informasi dan alur prosesnya pun sama dengan BKU.

BKU (K3)
Menu ini digunakan untuk mengeluarkan report Buku Kas Umum yang sudah dibuat.

Kas Pembantu (K4)
Menu Kas Pembantu (K4) merupakan menu untuk menampilkan laporan Penarikan tunai dana BOS dari Rekening Bank Sekolah ke Kas Bendahara, Pembayaran/pembelian menggunakan dana BOS, Pembayaran pajak.

Pembantu Bank (K5)
Menu Pembantu Bank (K5) merupakan merupakan Buku Pembantu untuk melengkapi format BOS K-3. Berfungsi untuk mencatat transaksi penerimaan/pengeluaran yang dilaksanakan khusus melalui bank dengan cara antara lain penerbitan cek, penarikan cek, penerimaan pembayaran dengan cek.

Pembantu Pajak (K6)
Menu Pembantu Pajak (K6) merupakan Buku yang dipergunakan apabila sekolah yang bersangkutan adalah (yang ditunjuk sebagai) pemungut pajak, yaitu terutama sekolah-sekolah negeri. Buku pembantu pajak mempunyai fungsi untuk mencatat semua transaksi yang harus dipungut pajak serta memonitor atas pungutan dan penyetoran pajak yang dipungut selaku wajib pungut pajak.

Report K7a
Menu Report K7a merupakan Buku Realisasi Penggunaan Dana Bos Tiap Sumber dana. Laporan ini disusun berdasarkan Buku kas Umum dari semua sumber dana yang dikelola oleh sekolah pada periode yang sama. Laporan ini dibuat setiap triwulan dan ditandatangani oleh Bendahara, kepala Sekolah dan Komite Sekolah.

Download Panduan Aplikasi RKAS Sistem Online dan Offline


Selengkapnya bisa anda download pada link berikut ini:
Download

Untuk aplikasinya bisa anda download pada website resmi kemendikbud berikut ini:

http://rkas.dikdasmen.kemdikbud.go.id

Cukup sekian dari saya tentang Panduan Aplikasi RKAS Sistem Online dan Offline. Semoga bermanfaat...
Buka Komentar