Mengelola Keuangan Dana BOS Madrasah Melalui Sistem E-RKAM

Mengelola Keuangan Dana BOS Madrasah Melalui Sistem E-RKAM
Mengelola Keuangan Dana BOS Madrasah Melalui Sistem E-RKAM

Laporan Keuangan RA/Madrasah Melalui Sistem E-RKAM - Seperti kita tahu bersama bahwa pada zaman millenial ini semuanya serba online termasuk di dunia pendidikan. Fasilitas internet tentu sangat memudahkan akses input data RA/Madrasah melalui data EMIS, guru sertifikasi melalui simpatika, dan sebagainya.

Kini, masalah keuangan pun ikut menggunakan fitur online melalui E-RKAM (Elektronik-Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah) sebuah sistem informasi untuk mengelola anggaran pendapatan dan belanja Madrasah. Perencanaan, Penganggaran, Penatausahaan dan Pelaporan Keuangan Madrasah. Dan semuanya bisa dicetak untuk arsip dokumen keuangan Madrasah.

Login E-RKAM: http://erkam.kerjakerja.work/main/auth

Meski fiturnya lengkap dan komplit, tentu tak lepas dari sisi positif dan negatif. Positifnya menurut saya adalah lebih efisien tanpa harus bolak balik setor berkas ke kementerian agama setempat, karena langsung bisa dicek secara online juga baik tingkat kabupaten / kota, provinsi bahkan tingkat pusat. Sedangkan sisi negatifnya adalah masalah koneksi internet bagi lembaga yang jangkauan sinyalnya kurang memadai.

baca juga: Aplikasi Kas Umum BOS

Sistem E-RKAM ini memiliki 2 akun yaitu kepala dan bendahara madrasah yang bisa mengakses aplikasi ini. Maksudnya, bendahara yang mengisi rincian anggaran, sedangkan kepala madrasah yang menyetujui. Tentu saja semuanya harus mengacu pada juknis penggunaan dana BOS dan 8 standar indikator EDM.

Rincian menu aplikasi untuk bendahara madrasah (untuk kepala sedikit berbeda):

  1. Dashboard
  2. Referensi : data rekening, kegiatan dan komponen
  3. Profil Madrasah
  4. Rapor Madrasah
  5. Pendapatan
  6. Belanja: Rencana kerja dan anggaran KAS
  7. Nota Realisasi: Penerimaan dan pengeluaran kegiatan, dan Pindah Buku
  8. Buku Kas Umum: pencatatan dan cetak
  9. Buku Kas Pembantu: Kas, Bank, Penerimaan, pengeluaran kegiatan, dan laporan pajak
  10. Laporan: RKAM, Madrasah, rekening per triwulan/ perbulan, anggaran kas, realisasi

Seperti itu sedikit gambaran dari aplikasi sistem E-RKAM ini (jika tidak ada perubahan). Semoga bisa memberikan manfaat untuk pelaporan keuangan madrasah kedepan. Amin...
Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya