Panduan SisPenA PAUD 2019 Evaluasi Diri Sekolah Prasyarat Akreditasi

Panduan SisPenA PAUD 2019 Evaluasi Diri Sekolah Prasyarat Akreditasi
Panduan SisPenA PAUD 2019 Evaluasi Diri Sekolah Prasyarat Akreditasi

Panduan SisPenA PAUD 2019 Evaluasi Diri Sekolah Prasyarat Akreditasi - Tutorial ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada Lembaga untuk menggunakan Aplikasi Sispena 2.0 (Sistem Penilaian Akreditasi PAUD dan PNF) dengan baik. Sispena 2.0 PAUD dan PNF adalah aplikasi penilaian akreditasi yang berbasis web. Aplikasi ini dapat diakses dimana saja dan kapan saja dengan syarat terhubung dengan internet. Lembaga juga harus memiliki NPSN dan mengisi data Dapodik.

Adapun langkah-langkah untuk mengakses atau menggunakan aplikasi Sispena 2.0 yaitu:

  1. Membuka browser dan ketikkan URL banpaudpnf.kemdikbud.go.id/sispena, maka akan muncul halaman login seperti terlihat di bawah ini.
  2. Selanjutnya masukkan username (NPSN) dan password yang dimiliki. Untuk password yang telah tersedia (default) adalah NPSN. Setelah input NPSN pada kolom user dan password, maka ketik "karakter" CAPTCHA pada kolom yang sudah disediakan, lalu klik tombol SIGN IN.
  3. Apabila berhasil login, maka sistem akan langsung menampilkan jendela Dahsboard Data Profile satuan pendidikan.
  4. Untuk Logout dari aplikasi Sispena 2.0 klik tombol POWER
  5. Untuk mengubah password klik tombol gerigi maka akan muncul menu ubah password.
  6. Untuk isian identitas sebagian besar hanya berbentuk view karena data sudah diambil dari Dapodik. Jika ada data yang tidak sesuai atau belum lengkap, maka lembaga bisa melakukan pemutakhiran data di Dapodik.
  7. Pada Sispena 2.0 satuan pendidikan/asesi bisa melengkapi Evaluasi Diri Satuan (EDS) yang sudah disediakan pada menu disebelah kiri. Adapun sub menu yang disediakan adalah Dashboard, Persyaratan, EDS, dan Feedback.
  8. Pengisian EDS-PA. Demi kelancaran dalam melakukan pengisian EDS-PA, maka setiap satuan pendidikan terlebih dahulu harus membaca Petunjuk Pengisian yang telah disediakan. Bagi satuan PKBM akan menampilkan daftar program yang terdata di Dapodik, Periksa data yang terunduh dari Dapodik tersebut. Apabila tidak sesuai dengan data di lapangan, maka lakukan pemutakhiran data di Dapodik sesuai perkembangan saat ini.
  9. Berikan checklist untuk tiap pilihan yang disediakan pada masing-masing butir pertanyaan di 8 SNP, lalu unggah file dokumen yang dimiliki dengan cara klik tombol Browse...
  10. Untuk dokumen yang berhasil terunggah, maka akan menampilakan kotak . Untuk melihat dokumen yang telah diunggah, maka klik kotak dan dokumen akan ditampilkan di tab yang berbeda.
  11. Terdapat pertanyaan dengan beberapa pilihan jawaban. Pilihlah jawaban yang sesuai dengan kondisi di satuan pendidikan lalu unggah dokumen yang dimiliki.
  12. Pada Standar 4 (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) sistem secara otomatis menampilkan daftar nama pendidik serta tenaga kependidikan sesuai yang terdata di Dapodik. Karena itu, lakukan proses unggah dokumen untuk seluruh pendidik dan tenaga kependidikan.
  13. Terdapat beberapa pertanyaan yang wajib diisi secara langsung ke sistem lalu unggah dokumen yang dimiliki
  14. Lakukan langkah 9 s.d 13 untuk seluruh butir pertanyaan di setiap Standar sampai dengan Standar 8.
  15. Proses pengisian EDS-PA selesai dilakukan.
  16. Satuan Pendidikan dapat melihat Hasil Penilaian EDS-PA pada menu Hasil Penilaian EDSPA, Termasuk apakah EDS-PA sudah dicek kebenaran serta kesesuaian datanya melalui Tahapan Klasifikasi Penilaian Akreditasi oleh Sekretariat BAN PAUD dan PNF Provinsi.
  17. Jika seluruh dokumen dinyatakan lengkap dan sesuai, maka akan dilanjutkan ke tahap Visitasi.

Download Panduan EDS PA PAUD 2019


Poin-poin diatas hanya gambaran saja, untuk lebih jelas dan komplit sebaiknya anda download filenya pada link berikut ini:
Download

Demikian file yang bisa saya bagikan semoga bisa membantu pra pelaksanaan akreditasi PAUD 2019.
Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya