RPP Akidah Akhlak MA Kelas X XI dan XII Revisi 2020

RPP Akidah Akhlak MA Kelas X XI dan XII Revisi 2020
RPP Akidah Akhlak MA Kelas X XI dan XII Revisi 2020

Seperti kita ketahui bersama bahwa kurikulum baru KMA 183 tahun 2019 untuk madrasah mulai diberlakukan pada tahun pelajaran 2020/2021 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab. Namun impementasi didasarkan pada KMA 184 tahun 2019.

Meskipun begitu, pembelajaran PAI dan Bahasa Arab pada KMA Nomor 183 Tahun 2019 akan sama dengan KMA Nomor 165 Tahun 2016, di mana mata pelajarannya mencakup Quran Hadist, Aqidah Akhlak, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), dan Bahasa Arab.

Namun yang menjadi perbedaannya yaitu adanya perbaikan substansi materi pelajaran karena disesuaikan dengan perkembangan kehidupan abad 21 saat ini. Kemenag juga sudah menyiapkan materi pembelajaran PAI dan Bahasa Arab yang baru ini sehingga baik guru dan peserta didik tidak perlu untuk membelinya.

Merujuk pada KMA Nomor 184 Tahun 2019, mengatur sejumlah hal seperti berikut:

  1. Implementasi Kurikulum Madrasah
  2. Pengembangan impelemtasi kurikulum di Madrasah
  3. Muatan Lokal
  4. Ekstrakurikuler
  5. Pembelajaran pada Madrasah Berasrama
  6. Penilaian Hasil Pembelajaran

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas bahwa KMA Nomor 183 dan KMA Nomor 184 rilis pada tahun pelajaran 2019/2020. Namun untuk penerapan dan pelaksanaanya akan diberlakukan secara bertahap pada jenjang MI, MTs dan MA pada tahun pelajaran 2020/2021.

KMA 184 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah diterbitkan untuk mendorong dan memberi aturan bagairnana berinovasi dalam implementasi kurikulum madrasah serta memberikan payung hukum dalam pengembangan kekhasan Madrasah, pengembangan penguatan Karakter, Pendidikan Anti Korupsi dan Pengembangan Moderasi Beragama pada Madrasah.

Sebagaimana penjelasan KMA 183 Tahun 2019 bahwa tujuan pengembangan kurikulum PAI yaitu untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki pola pikir dan sikap keagamaan yang moderat, inklusif, berbudaya, religius serta memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, produktif, kreatif, inovatif, dan kolaboratif serta mampu menjadi bagian dari solusi terhadap berbagai persoalan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban dunia.

Download RPP Akidah Akhlak MA

Filenya bisa anda download pada link berikut ini:

RPP Akidah Akhlak MA Kelas X XI dan XII

Itu saja dari saya, semoga bermanfaat...

Sumber: https://madrasah3.kemenag.go.id/bahanajar/

Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya