Skip to main content

Kumpulan Contoh Silabus SMA MA Kelas 10 Mapel Umum Lengkap

Salam sejahtera bagi guru di seluruh negeri semoga masih tetap semangat menjadi garda terdepan dalam mencerdaskan anak bangsa. Sekedar ingin berbagi contoh file administrasi pembelajaran kepada para guru atau kepala sekolah/madrasah berupa silabus semua mata pelajaran umum kelas 10 MA SMA semester ganjil dan genap.

Silabus adalah salah satu komponen perangkat pembelajaran dari rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran dengan tema tertentu. Silabus juga merupakan suatu rincian detail tentang rencana mengajar guru yang disusun dalam kelompok tema atau mata pelajaran tertentu untuk menjadi acuan dalam penyusunan RPP, kisi-kisi soal dan lain-lain.

Komponen dari silabus Mapel Umum untuk MA SMA kelas X kurikulum 2013 antara lain Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), Indikator, Materi Pembelajaran, Alokasi waktu, Penilaian, dan Sumber Belajar yang digunakan.

Pengembangan Silabus diserahkan sepenuhnya kepada setiap satuan pendidikan, khususnya bagi yang sudah mampu melakukannya. Oleh karena itu, setiap satuan pendidikan di beri kebebasan dan keleluasaan dalam mengembangkan silabus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing.

Agar pengembangan silabus yang dilakukan oleh setiap satuan pendidikan tetap berada dalam bingkai pengembangan kurikulum nasional, maka perlu memerhatikan prinsip-prinsip pengembangan silabus, yang meliputi:

Ilmiah - Pengembangan silabus berbasis KTSP harus dilakukan dengan prinsip ilmiah, yang mengandung arti bahwa keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar, logis dan dapat dipertanggung jawabkan secara keilmuan.

Relevan - Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian dalam silabus sesuai atau ada keterkaitan dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional dan spiritual peserta didik.

Sistematis - Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.

Konsisten - Adanya hubungan yang konsisten antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajarr, sumber belajar dan sistem penilaian.

Memadai - Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.

Aktual dan Kontekstual - Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman bekajar, sumber belajar dan sistem penilaian memerhatikkan perkembangan ilmu, teknologi dan seni mutakhir daalm kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi.

Fleksibel - Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi keragaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.

Menyeluruh - Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif, psikomotor).

Download Silabus MA SMA Kelas X K13

Filenya bisa anda download pada link berikut ini:

Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris Peminatan
Bahasa Inggris Wajib
Biologi
Ekonomi
Fisika
Geografi
Kimia
Matematika Peminatan
Matematika Wajib
PJOK
PPKN
Sosiologi
Sejarah Indonesia
Sejarah Peminatan

Prakarya dan Kewirausahaan:

Seni Budaya:

Silabus yang digunakan saat ini ada yang sudah menerapakan Kurikulum 2013 adapula yang masih menggunakan Kurikulum 2006 (KTSP), tergantung kebijakan lembaga masing-masing. Semoga bermanfaat...

Sumber: dicariguru.com

Berbagi itu peduli:

Catatan:

File yang kami bagikan bisa langsung di download. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya

Menarik Untuk Dibaca Juga:

Privacy | Daftar Isi
©2021 NOM IFROD