Skip to main content

Perjalanan Blogging NomIfrod.com

Perjalanan Blogging | Hai semua semoga sehat dan semangat ya menjalani aktifitas harian masing-masing. Ini sekedar cerita seperti apa, bagaimana dan kenapa saya masuk kedunia blogger dan mulai menyukainya. Cerita apa adanya dari orang yang ahli tidur dan ingin berbagi saat bangun.

Berawal ketika saya berteman dengan ishaq dari desa sebelah, dia suka IT dan sering otak-atik program komputer. Saat gak ada kerjaan saya sering nongkrong dirumahnya sampai dini hari bersama teman-teman yang lain, maklum namanya anak muda pengen terbang bebas seperti burung antara dedaunan.

Pertama Kenal Blogger

Suatu ketika dia menunjukkan blognya yang sudah dibuat olehnya dengan template default blogger, lalu saya tertarik dan minta diajarin bikin blog seperti itu. Singkat cerita blog pertama saya sudah jadi dan masih subdomain blogspot (belum TLD).

Setelah itu saya mulai otak-atik template demi menghias blog dengan tampilan dan pernak-pernik blogger, seperti widget bintang kalender jam dan masih banyak lagi hingga membuat blog saya seperti tempat perayaan karena penuh dengan bunga, salju dan lain-lain.

Saat itu saya gak memikirkan konten, yang penting blog saya indah dan bagus dilihat oleh saya sendiri karena belum sadar dengan pentingnya pengunjung. Jika ingat saat itu jadi agak lucu ya karena dari gonta-ganti template, copas konten orang lain sampe template yang sering error karena di oprek terus.

Mulai Serius ngeBlog

Tahun 2010 saya masih suka modifikasi tampilan dengan cara googling (sudah otodidak) belajar mengenal kode HTML yang bikin puyeng meski gak kenal-kenal amat, hingga saya pun ketemu dengan blog Kompi Ajaib, blog tutorial dan trik coding blogger milik mas Adhy Suryadi. Selain kompiajaib, ada blognya LeonyLi, Arlina Design, PanduanIM, KangIsmet

Kemudian dari seringnya berselancar didunia maya akhirnya saya ketemu dengan grup para blogger IdBlogSchool lalu saya bergabung, dari grup tersebut saya banyak belajar dari para master para senior bagaimana cara otak-atik coding di HTML blogger, juga dari grup itulah saya tahu bahwa blog bisa menghasilkan uang dari iklan adsense dan lainnya.

Dari grup itu saya juga belajar bagaimana cara membuat menulis yang baik sampai menjadi konten yang disukai orang dan mesin pencari google dan tak melanggar ketentuan google adsense. Tak lama berselang akhirnya grup itu ditutup karena ada masalah internal.

Daftar Google Adsense

Kalo bicara adsense, ini yang bikin puyeng 27 keliling. Saya sendiri harus rela ditolak beberapa kali dengan alasan yang "tidak sesuai ketentuan", bolak-balik baca ketentuan adsense bahkan nanya ke para master yang lebih berpengalaman pun masih belum ketemu juga detail kesalahan blog seperti apa?

Meskipun sering ditolak oleh google adsense, saya tetep semangat bikin postingan bahkan bikin blog baru pun saya jalani hingga akhirnya diterima dan iklan bisa tampil di blog TLD pertama saya (amalussholeh.net). Disinilah tenaga waktu dan pikiran saya terkuras habis karena fokusnya bukan hanya konten tapi juga codingnya.

Belum genap 1 tahun adsense saya akhirnya di banned karena ada klaim hak cipta gambar di beberapa postingan saya, saya ajukan banding dan edit gambar tetap gak bisa balik akun adsense nya. Karena itu saya hapus juga blognya (amalussholeh.net) tapi sebelum di hapus saya backup dulu untuk kemudian saya membuat akun baru blog baru dan adsense baru (NomIfrod.com), alhamdulillah masih eksis sampai sekarang.

BlogWalking

Berhubung sudah tidak ada lagi grup tempat para blogger nongkrong, blogwalking jadi solusi untuk saling menyapa, bercanda dengan teman-teman blogger. Hmmmm... seandainya ada grup seperti IdBlogSchool dulu pasti lebih asik, kalo grup di facebook kurang asik karena cuma share link saja.

Dulu mas adhy suryadi bersama kang ismet pernah bikin grup blogger juga tapi sepi ya gak ada aktifitas seperti dulu. Yah mungkin seperti kata pepatah "semua ada masanya sendiri", sudah banyak kesibukan offline sehingga gak memungkinkan untuk online lagi.

Semoga teman-teman blogger masih sehat dan panjang umur serta lancar rejekinya, saya mohon maaf jika banyak salah kata, maaf juga karena saya gak aktif blogwalking.

Demikian dari kami tentang Perjalanan Blogging NomIfrod.com, semoga bisa memberikan manfaat untuk kemajuan dan kesejahteraan guru di Indonesia. Amin...

Berbagi itu peduli:

Catatan:

File yang kami bagikan bisa langsung di download. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya

Menarik Untuk Dibaca Juga:

Lihat lebih banyak komentar
Privacy | Daftar Isi
©2021 NOM IFROD