Modul Ajar TK RA Kelompok B Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka

Modul Ajar TK RA Kelompok B Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka
Modul Ajar TK RA Kelompok B Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka

Assalamu alaikum wr wb... Senang bisa menyapa anda kembali semoga sehat dan semangat ya. Sekarang admin NomIfrod.com akan membagikan Modul Ajar TK RA Kelompok B Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka.

Modul ajar TK RA pada dasarnya adalah perencanaan pembelajaran secara lengkap disusun berdasarkan topik dalam lingkup kelas. Sementara Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) merupakan perencanaan pembelajaran untuk jangka waktu lebih panjang dalam lingkup satuan pendidikan. Silabus dapat dikembangkan dengan menggunakan atau mengadaptasi ATP yang disediakan oleh pemerintah maupun alur tujuan pembelajaran yang dikembangkan secara mandiri.

Pengertian

Kurikulum Merdeka PAUD adalah salah satu kurikulum di Indonesia yang resmi diterapkan tahun 2024 dan dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak usia dini yang menekankan pada pengembangan potensi anak secara integral melalui pendekatan holistik. Kurikulum ini memiliki tujuan untuk mempersiapkan anak-anak usia dini agar bisa menghadapi tantangan di dunia pendidikan modern.

Modul ajar dapat dianggap sebagai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPPH) dalam Kurmer, sehingga guru yang menggunakan modul ajar yang disediakan oleh pemerintah atau pun mengembangkan secara mandiri, tidak perlu lagi membuat RPPH secara terpisah. Guru dapat mengembangkan modul ajar melalui adaptasi modul ajar dari pemerintah agar sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan konteks satuan pendidikan.

Di taman kanak-kanak, rencana pembelajaran berfokus pada perkembangan anak seutuhnya, yang meliputi perkembangan fisik, sosial, emosional, dan kognitif. Rencana implementasi dirancang agar fleksibel dan disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan masing-masing anak. Hari sekolah taman kanak-kanak yang khas dapat mencakup kegiatan seperti circle time atau kegiatan pembuka, kegiatan cerita, seni, musik, aktivitas fisik, kegiatan bermain, istirahat dan aktivitas lain yang memungkinkan anak-anak belajar, terlibat, dan bereksplorasi.

Kegiatan bercerita anak TK membantu mereka mengembangkan keterampilan literasi baca dan pemahaman mereka. Guru biasanya membacakan buku atau cerita dengan lantang dan mendorong anak-anak untuk mengajukan pertanyaan dan mendiskusikan cerita tersebut melalui pertanyaan pemantik.

Kegiatan seni dan musik membantu anak-anak mengekspresikan diri secara kreatif dan membangun keterampilan motorik halus yang penting. Anak-anak didorong untuk mengeksplorasi bahan seni yang berbeda dan mengekspresikan diri melalui penggunaan warna, bentuk, dan gambar. Kegiatan musik membantu anak-anak untuk mengembangkan keterampilan pendengaran mereka, melatih ritme, dan belajar tentang instrumen yang berbeda.

Ada sedikit penjelasan disini:

  • Bahwa modul ajar PAUD yang dikembangkan PAUD Jateng ini adalah versi ringkas sehingga mudah dipahami (jelas) dan tidak bertele-tele.
  • Kegiatan Inti yang disajikan merupakan “pilihan kegiatan”, itu artinya ayah bunda tidak harus menjalankan ‘semua’ kegiatan inti yang disajikan.
  • Modul ajar ini dilengkapi buku cerita PAUD atau video edukasi anak
  • Semua daftar topik yang ada di bawah ini merupakan turunan dari 4 tema besar PAUD Kurikulum Merdeka.

Kegiatan fisik membantu anak-anak mengembangkan keterampilan motorik kasar mereka dan meningkatkan kebugaran fisik. Contoh aktivitas fisik termasuk berlari, melompat, melompat, melompat, dan bermain tag.

Download Modul Ajar TK B

Demikian dari kami tentang Modul Ajar TK RA Kelompok B Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka, semoga bisa memberikan manfaat untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Amin...

Sumber: https://www.paud.id/

Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya