Skip to main content

Kumpulan Contoh Surat Keputusan Kepala Sekolah / Kepala Madrasah (SK Kepsek/Kamad)

Kumpulan Contoh Surat Keputusan Kepala Sekolah / Kepala Madrasah (SK Kepsek/Kamad)

Surat Keputusan (SK) adalah sebuah surat pernyataan yang di keluarkan oleh lembaga yang berisi suatu kebijakan atau ketentuan yang bersangkutan dengan lembaga tertentu, misalkan Sekolah / Madrasah, organisasi dan lain-lain.

Surat keputusan merupakan sebuah surat atau ketetapan yang dibuat oleh badan atau perusahaan tertentu dalam bentuk tertulis dengan berdasarkan dari peraturan perundang undangan yang mengatur. Surat keputusan bersifat konkret, individual dan final. Oleh sebab itu dalam prosesnya pembuatan surat keputusan langsung ditujukan kepada pihak yang dimaksud dan tidak disebarkan secara umum.

Surat Keputusan (SK) biasanya di keluarkan oleh pemimpin lembaga (kepala / ketua dll) yang di sampaikan dengan bentuk surat atau dokumen resmi dan sudah di akui oleh seluruh jajaran lembaga tersebut.

Dalam lingkup sekolah / Madrasah tentu di haruskan memiliki Kepala Sekolah / madrasah atau pemimpin dari sekolah / Madrasah tertentu yang memiliki wewenang dalam memberikan surat keputusan (SK) yang berkaitan dengan kepentingan sekolah / madrasah.

Surat Keputusan (SK) memiliki tujuan untuk menentukan segala hal yang sudah di sepakati bersama dalam suatu organisasi. Meskipun tidak ada aturan yang baku dalam membuat surat keputusan (SK) kepala sekolah / madrasah tentu tidak boleh asal-asalan dan harus benar dan tepat dalam penulisan.

Fungsi dan kegunaan Surat Keputusan adalah :

  1. Untuk menetapkan/mengubah status / kedudukan seseorang / pegawai / maupun barang / material
  2. Untuk mengesahkan berlaku / tidak berlakunya suatu peraturan
  3. Untuk membentuk / mengubah status / membubarkan suatu perusahaan
  4. Untuk menyerahkan wewenang tertentu, kepada seorang pejabat (pendelegasian)
  5. Untuk mengesahkan berlakunya suatu petunjuk pemerintah atau undang-undang.

Menjadi keputusan atau pernyataan final yang merupakan suatu solusi atau akhir dari setiap permasalahan yang ada. Dalam hal ini, surat keputusan sering ditujukan kepada individu sebagai solusi dari permasalahn yang dimiliki. Menjadi akhir dari permasalahan yang tentunya sebagai solusi yang tetap memperhatikan peraturan.

Demikian dari kami tentang Kumpulan Contoh Surat Keputusan Kepala Sekolah / Kepala Madrasah (SK Kepsek/Kamad), semoga bisa memberikan manfaat untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Amin...

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya

Mungkin Anda Suka:

Aplikasi kas umum BOS
Privacy | Daftar Isi
© 2023 NOM IFROD