ATP Bahasa Indonesia Face A B C Kelas 1 2 3 4 5 6 SD MI Kurikulum Merdeka

ATP Bahasa Indonesia Face A B C Kelas 1 2 3 4 5 6 SD MI Kurikulum Merdeka
ATP Bahasa Indonesia Face A B C Kelas 1 2 3 4 5 6 SD MI Kurikulum Merdeka

Silabus adalah istilah dalam kurikulum 2013 yang merupakan komponen awal setelah dokumen 1 dalam pembelajaran, tapi pada kurikulum merdeka kita kenal dengan istilah Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) untuk setiap mata pelajaran.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) berfungsi sebagai acuan atau pedoman dalam membuat atau mendesain pembelajaran yang berisi tujuan pembelajaran di setiap fase awal sampai akhir. Untuk jenjang SD MI atau yang sederajat dibagi 3 face sebagai berikut:

  1. Fase A untuk kelas 1 dan 2
  2. Fase B untuk kelas 3 dan 4
  3. Fase C untuk kelas 5 dan 6

Capaian Pembelajaran (CP) adalah kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik pada setiap fase pendidikan. CP ini menggambarkan tujuan umum yang ingin dicapai dan ketersediaan waktu yang tersedia untuk mencapainya.

Sebelum melaksanakan pembelajaran, pendidik perlu menganalisa capaian pembelajaran untuk menyusun tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran (ATP).

Prosedur dalam menyusun ATP kurikulum merdeka sebagai berikut:

  • Menganalisa capaian pembelajaran (CP) kurikulum merdeka
  • Mengidentifikasi kompetensi
  • Merumuskan tujuan pembelajaran
  • Mengidentifikasi elemen
  • Kegiatan pembelajaran

ATP Bahasa Indonesia Fase A

secara umum Tujuan Pembelajaran / TP dari mata pelajaran Bahasa Indonesia pada pase A untuk kelas 1 dan 2 dapat dirumuskan sebagai berikut :

  1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik mampu memahami pesan lisan dan informasi dari berbagai sumber.
  2. Peserta didik mampu membaca dengan fasih dan memahami informasi dari berbagai teks.
  3. Peserta didik mampu berkomunikasi dan bernalar dengan baik kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungannya.
  4. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dan tulisan dengan menggunakan kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dan dengan sikap yang baik.

ATP Bahasa Indonesia Fase B

secara umum Tujuan Pembelajaran / TP dari mata pelajaran Bahasa Indonesia pada pase B untuk kelas 3 dan 4 dapat dirumuskan sebagai berikut :

  1. Peserta didik mampu memahami ide pokok suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural, dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
  2. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak.
  3. Peserta didik mampu berbicara dengan menggunakan pilihan kata dan sikap tubuh yang santun, volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
  4. Peserta didik mampu menulis teks narasi, deskripsi, rekon, prosedur, dan eksposisi dengan kalimat yang beragam, rinci, dan akurat.

Download ATP Bahasa Indonesia

ATP Bahasa Indonesia Fase C

secara umum Tujuan Pembelajaran / TP dari mata pelajaran Bahasa Indonesia pada pase C untuk kelas 5 dan 6 dapat dirumuskan sebagai berikut :

  1. Peserta didik mampu menganalisis informasi berupa fakta dan prosedur dengan mengidentifikasikan ciri objek dan urutan proses kejadian serta nilai-nilai dari berbagai jenis teks informatif dan fiksi yang disajikan dalam bentuk lisan, teks aural, dan audio.
  2. Peserta didik mampu membaca kata-kata dengan berbagai pola kombinasi huruf dengan fasih dan indah serta memahami informasi dan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, literal, konotatif, dan kiasan.
  3. Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan dalam bentuk prosa dan puisi dengan menggunakan kosakata kreatif.
  4. Peserta didik mampu menulis teks eksplanasi, laporan, dan eksposisi persuasif dengan menjelaskan hubungan kausalitas serta menuangkan hasil pengamatan untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menulis teks prosa dan puisi dengan penggunaan kosakata kreatif.

Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya