ATP Bahasa Inggris Face A B C Kelas 1 2 3 4 5 6 SD MI Kurikulum Merdeka

ATP Bahasa Inggris Face A B C Kelas 1 2 3 4 5 6 SD MI Kurikulum Merdeka
ATP Bahasa Inggris Face A B C Kelas 1 2 3 4 5 6 SD MI Kurikulum Merdeka

Silabus adalah istilah dalam kurikulum 2013 yang merupakan komponen awal setelah dokumen 1 dalam pembelajaran, tapi pada kurikulum merdeka kita kenal dengan istilah Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) untuk setiap mata pelajaran.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) berfungsi sebagai acuan atau pedoman dalam membuat atau mendesain pembelajaran yang berisi tujuan pembelajaran di setiap fase awal sampai akhir. Untuk jenjang SD MI atau yang sederajat dibagi 3 face sebagai berikut:

  1. Fase A untuk kelas 1 dan 2
  2. Fase B untuk kelas 3 dan 4
  3. Fase C untuk kelas 5 dan 6

Capaian Pembelajaran (CP) adalah kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik pada setiap fase pendidikan. CP ini menggambarkan tujuan umum yang ingin dicapai dan ketersediaan waktu yang tersedia untuk mencapainya.

Sebelum melaksanakan pembelajaran, pendidik perlu menganalisa capaian pembelajaran untuk menyusun tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran (ATP).

Prosedur dalam menyusun ATP kurikulum merdeka sebagai berikut:

  • Menganalisa capaian pembelajaran (CP) kurikulum merdeka
  • Mengidentifikasi kompetensi
  • Merumuskan tujuan pembelajaran
  • Mengidentifikasi elemen
  • Kegiatan pembelajaran

ATP Bahasa inggris Fase A

secara umum TP tujuan Pembelajaran Bahasa Inggris fase A kelas 1 dan 2 SD dapat dirumuskan Sebagai berikut
Berikut adalah tujuan pembelajaran yang dapat dikembangkan untuk mencapai capaian pembelajaran pada akhir Fase A dalam mata pelajaran Bahasa Inggris:
  1. Memahami penggunaan bahasa Inggris lisan dalam situasi sosial sehari-hari dan konteks kelas.
  2. Mengikuti dan merespon instruksi atau pertanyaan sederhana dalam bahasa Inggris.
  3. Mengucapkan dengan baik kosakata sederhana dalam bahasa Inggris.
  4. Menggunakan alat bantu visual dan komunikasi non-verbal dalam berkomunikasi.
  5. Memahami bahwa membaca merupakan kegiatan individu dan berkelompok yang memberikan kesenangan (reading for pleasure).
  6. Memahami arti gambar dalam buku atau teks yang dibacakan oleh guru.
  7. Merespon secara lisan, visual, dan/atau komunikasi non-verbal terhadap teks sederhana yang dibacakan atau gambar yang dilihatnya.

ATP Bahasa inggris Fase B

secara umum TP tujuan Pembelajaran Bahasa Inggris fase B kelas 3 dan 4 SD dapat dirumuskan Sebagai berikut Berikut adalah tujuan pembelajaran yang dapat dikembangkan untuk mencapai capaian pembelajaran pada akhir Fase B dalam mata pelajaran Bahasa Inggris:
1. Memahami dan merespon teks lisan dan visual sederhana dalam bahasa Inggris.
  • Peserta didik mampu memahami dan merespon teks lisan dan visual sederhana yang disampaikan dalam bahasa Inggris.
  • Peserta didik dapat mengidentifikasi informasi utama dan detail dalam teks lisan dan visual.
2. Mengikuti dan merespon instruksi atau pertanyaan sederhana dalam bahasa Inggris.
  • Peserta didik mampu mengikuti dan merespon instruksi atau pertanyaan sederhana yang diberikan dalam bahasa Inggris.
  • Peserta didik dapat memahami maksud dari instruksi atau pertanyaan dan memberikan respons yang tepat.
3. Membagikan informasi dengan kosakata sederhana.
  • Peserta didik mampu membagikan informasi dengan menggunakan kosakata sederhana dalam bahasa Inggris.
  • Peserta didik dapat menyampaikan informasi dengan jelas dan terstruktur menggunakan kosakata yang telah dipelajari.
4. Merespon berbagai teks/gambar secara lisan dan tulisan sederhana dengan alat bantu visual dan komunikasi non-verbal.
  • Peserta didik mampu merespon teks/gambar secara lisan dan tulisan sederhana dengan menggunakan alat bantu visual dan komunikasi non-verbal.
  • Peserta didik dapat menggunakan gestur, gambar, atau objek sebagai alat bantu untuk mengekspresikan respons terhadap teks/gambar.
5. Berinteraksi dengan menggunakan bahasa Inggris sederhana.
  • Peserta didik dapat berinteraksi dengan menggunakan bahasa Inggris sederhana dalam situasi komunikasi sehari-hari.
  • Peserta didik mampu menggunakan ungkapan dan kalimat sederhana untuk berkomunikasi dengan orang lain dalam bahasa Inggris.

Download ATP Bahasa Inggris Face A B C

ATP Bahasa inggris Fase C

secara umum TP tujuan Pembelajaran Bahasa Inggris fase C kelas 5 dan 6 SD dapat dirumuskan Sebagai berikut
  1. Memahami dan merespon teks lisan, tulisan, dan visual sederhana dalam bahasa Inggris: Peserta didik akan mengembangkan kemampuan untuk memahami dan merespon teks-teks sederhana yang disampaikan dalam bahasa Inggris. Mereka akan belajar mengidentifikasi informasi utama, detail, dan maksud yang terkandung dalam teks tersebut. Peserta didik akan dapat memberikan tanggapan, pendapat, atau pertanyaan yang sesuai berdasarkan pemahaman mereka terhadap teks tersebut.
  2. Menggunakan bahasa Inggris sederhana untuk berinteraksi dan berkomunikasi dalam situasi yang familiar/rutin:Peserta didik akan belajar menggunakan bahasa Inggris sederhana untuk berinteraksi dan berkomunikasi dalam situasi yang akrab dan lazim dalam kehidupan sehari-hari. Mereka akan mengembangkan kemampuan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan kebutuhan mereka dengan menggunakan kalimat-kalimat sederhana. Peserta didik akan diajak untuk berpartisipasi aktif dalam percakapan dan diskusi dengan menggunakan tindak tutur yang sesuai dan memberikan respon yang relevan.
  3. Memahami hubungan bunyi huruf pada kosakata sederhana dalam bahasa Inggris: Peserta didik akan mempelajari hubungan antara bunyi huruf dan kosakata sederhana dalam bahasa Inggris. Mereka akan belajar mengenali pola bunyi, pengucapan, dan ejaan kata-kata sederhana. Peserta didik akan mengembangkan kemampuan untuk membaca dan mengucapkan kata-kata baru dengan benar serta memahami dan menghasilkan teks tulisan dan visual sederhana dalam bahasa Inggris dengan bantuan contoh dan petunjuk.
  4. Menggunakan pemahaman tentang hubungan bunyi huruf pada kosakata sederhana dalam bahasa Inggris: Peserta didik akan menggunakan pemahaman mereka tentang hubungan bunyi huruf pada kosakata sederhana dalam bahasa Inggris untuk memahami dan menghasilkan teks tulisan dan visual sederhana. Mereka akan belajar mengidentifikasi pola bunyi, pengucapan, dan ejaan kata-kata dalam teks yang mereka baca. Peserta didik akan mampu menggunakan kosakata dan struktur kalimat yang telah dipelajari untuk menghasilkan teks tulisan dan visual sederhana dengan bantuan contoh.
Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya