Upload Data Siswa di Simpatika Membuat Galau

Upload Data Siswa di Simpatika Membuat Galau
Upload Data Siswa di Simpatika Membuat Galau

Upload Data Siswa di Simpatika Membuat Galau. Masih ingat artikel saya beberapa waktu yang lalu tentang tidak bisa edit data siswa? Mungkin bagi admin sekolah hal ini sudah tidak asing lagi, karena sudah terbiasa Karena pergantian sistem dari padamu negeri ke simpatika membuat sebagian besar data siswa hilang entah kemana.

Hal ini menyebabkan data siswa tidak tampil waktu cetak S25 dan tidak bisa verval sekolah, sehingga berakibat buruk pada guru yang mendapatkan tunjangan sertifikasi. Biasanya kita upload langsung dengan file excel, saya sudah coba upload sekian kali tapi belum muncul juga. Sekarang yang bisa dilakukan admin sekolah hanya meng-upload data siswa satu persatu, dan tentu akan memakan waktu yang cukup lama, okelah kalau yang upload itu hanya 50 siswa, kalau sampai 100/200? saya yakin itu akan membuat badan pegel-pegel.

Namun, jika nantinya simpatika bisa kita upload secara keseluruhan maka beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya tidak error. Setelah anda mengunduh format data excel, pastikan semua cell menggunakan format text, caranya:

  1. Silahkan Ctrl+A > klik kanan > Format Cell > Number > Text > OK
  2. Pada kolom "KODE SISTEM" dikosongkan saja
  3. Kemudian ketik satu persatu data siswa anda, wah ini juga yang menghambat kerja admin sekolah
  4. Ok, hiraukan nomor 3 (kalau ingin cepat). Silahkan copy data siswa anda yang ada di emis (file excel), kenapa emis? karena kedepan di khawatirkan data EMIS akan di singkronkan dengan data yang ada di Padamu Negeri.
  5. Setelah data emis di copy jangan langsung paste/enter, tapi harus memakai fungsi paste special > Values > Skip blanks > OK. seperti gambar ini

kenapa harus paste special? karena semua file tersebut harus format text, apalagi mengcopy dari data emis yang tertanam rumus dalam aplikasinya.Pada kolom tanggal lahir memakaai format 2001-01-30 (tahun-bulan-tanggal) yang biasanya di EMIS memakai format 30/01/2001.

OK sekarang tinggal kita upload file data siswa yang sudah di isi tadi. SELESAI. Semoga bermanfaat...!
Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya