Petunjuk Teknis Strategi Pembelajaran di RA

Petunjuk Teknis Strategi Pembelajaran di RA
Petunjuk Teknis Strategi Pembelajaran di RA

SK Dirjen Pendis Nomor 2765 2019 tentang Petunjuk Teknis Strategi Pembelajaran di RA - Pendidikan anak usia dini adalah salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, emosi, dan spiritual), sosial emosional (sikap dan perilaku), pendidikan agama, bahasa serta komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.

Raudhatul Athfal (RA) sebagai satuan Pendidikan Anak Usia Dini berbasis Islam di bawah pembinaan Kementerian Agama memiliki perbedaan dengan pendidikan anak usia dini secara umum. RA menitikberatkan pada aspek perkembangan anak, transformasi dan internalisasi nilai-nilai spiritual keislaman. Standar mutu RA terletak pada nilai-nilai keagamaan yang melekat pada seluruh komponen RA, antara lain pada pendidik, tenaga kependidikan, orangtua, maupun lingkungan yang kondusif.

baca juga:
Metode Pembelajaran Abad 21
5 Strategi Pembelajaran Abad 21

Keunikan dan tahap perkembangan anak agar dapat tumbuh secara optimal dibutuhkan strategi pembelajaran yang kreatif dan inovatif dari pendidik. Peran pendidik dalam pengembangan pembelajaran RA sangat menentukan keberhasilan anak dalammemperoleh pengalaman belajar.

Oleh karena itu strategi pembelajaran sangat dibutuhkan agar proses pembelajaran di RA dapat berkembang dengan optimal dan efektif. Pendidik yang profesional diharapkan mampu menyusun strategi pembelajaran yang memenuhi kriteria dan prinsip pendidikan anak usia dini.

Berdasarkan hal tersebut di atas, maka Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI menerbitkan Petunjuk Teknis Strategi Pembelajaran RA.

Tujuan Petunjuk Teknis Strategi Pembelajaran ini sebagai pedoman pendidik untuk menentukan dan menerapkan strategi pembelajaran RA.

Ruang lingkup yang dibahas dalam Petunjuk Teknis Strategi Pembelajaran yaitu:

1. Konsep pembelajaran di RA

2. Prinsip Pembelajaran RA

3. Pendekatan pembelajaran RA

4. Strategi pembelajaran RA

5. Metode pembelajaran RA

6. Model pembelajaran RA

Download juknis Strategi Pembelajaran di RA

Filenya bisa anda download pada link berikut ini:

Download

Sasaran dari Petunjuk Teknis Strategi Pembelajaran RA adalah pengelola, pelaksana, penyelenggara, dan pemangku kepentingan penyelenggaraan RA. Semoga bermanfaat...

Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya