Contoh Format Penilaian Hasil Karya RA TK PAUD KB

Contoh Format Penilaian Hasil Karya RA TK PAUD KB
Contoh Format Penilaian Hasil Karya RA TK PAUD KB

Penilaian hasil karya adalah penilaian terhadap buah pikir anak yang dituangkan dalam bentuk karya nyata dapat berupa pekerjaan ta ngan, karya seni atau tampilan anak, misalnya: gambar, lukisan, lipatan, hasil kolase, hasil guntingan, tulisan/coretan coretan, hasil roncean, ba ngunan balok, seni tari, dan hasil pra karya.

Tuliskan nama dan tanggal hasil karya tersebut dibuat. Data ini diperlukan untuk melihat perkembangan hasil karya yang dibuat anak di waktu sebelumnya. Saat anak telah menyelesaikan karyanya, guru dapat menanyakan tentang hasil karya tersebut.

Tuliskan semua yang dikatakan oleh anak untuk mengonfirmasi hasil karya yang di buatnya agar tidak salah saat guru mem buat interpretasi karya tersebut. Hubungkan karya anak dengan pencapaian pada kompetensi dasar yang sesuai.

Misalnya : Khanza dan Jesica menyusun balok-balok unit secara vertikal berbentuk lingkaran memenuhi alas balok yang berbentuk lingkaran. Ada celah selebar satu unit balok yang kosong yang memisahkan rangkaian balok ber bentuk lingkaran itu. Di tengah lingkaran berdiri tumpukan balok setengah unit yang ditumpuk ke atas sebanyak 4 kolom.

Pada bagian paling atas ditaruh balok rongga berbentuk segitiga yang panjangnya sama dengan panjang 4 balok setengah unit. Setelah guru mengamati hasil bangunan anak, guru hendaknya bertanya kepada anak tentang karya yang telah ia buat. Melalui hal tersebut guru dapat menggali pengetahuan serta meningkatkan imajinasi anak. Berikut contohnya:

  • Guru : Bangunan apa yang sedang kalian bangun?
  • Khanza : Istana Putri.
  • Guru : Mengapa kalian mengatakan ini istana putri?
  • Khanza : Karena di dalam istana ini tinggal putri cantik. (Sambil tangannya menunjuk ke ba ngunan tinggi di tengah ling karan)
  • Guru : Apa maksud diletakkan sebuah segi tiga di atas rumah putri itu?
  • Khanza : Itu kan atapnya…
  • Guru : Mengapa perlu diberi atap pada ba gian atas rumah itu?
  • Jesica : Agar putrinya tidak kehujanan dan tidak kepanasan.
  • Guru : (sambil menunjuk celah di lingkaran) Kalau lubang sebesar satu balok unit di sini untuk apa ya?
  • Jesica : Itu kan pintu masuknya putri ke istananya.

Jika memungkinkan, setelah anak melakukan proses dalam menghasilkan karya, berikanlah kesempatan pada anak untuk menikmati karya tersebut. Ajaklah anak untuk memajang karyanya sebagai bentuk apresiasi terhadap karya tersebut.

Unduh Penilaian Hasil Karya

Berbagai catatan dan hasil karya anak di simpan dalam portofolio untuk selanjutnya di analisis. Hasil karya yang dianalisis dapat dipilih dari hasil karya yang terbaik (menunjukkan tingkat perkembangan tertinggi) yang diraih anak. Hasil karya tersebut bisa yang paling akhir atau dapat pula yang di tengah bulan.

Sumber: https://paudpedia.kemdikbud.go.id/

Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya