Contoh Format Catatan Anekdot Pada Penilaian Perkembangan Anak RA TK PAUD

Contoh Format Catatan Anekdot Pada Penilaian Perkembangan Anak RA TK PAUD
Contoh Format Catatan Anekdot Pada Penilaian Perkembangan Anak RA TK PAUD

Catatan Anekdot adalah sebuah cara pengumpulan data dengan melalui pengamatan secara langsung mengenai sikap dan perilaku yang muncul dengan tiba-tiba atau peristiwa yang terjadi secara insidental.

Catatan Anekdot merupakan sebuah uraian mengenai perilaku yang dilakukan oleh anak. Catatan Anekdot dicatat dengan singkat dan jelas.

Catatan Anekdot menjelaskan sesuatu yang terjadi secara faktual yaitu sesuai dengan yang dilihat dan didengar, dengan cara yang obyektif atau tidak berprasangka, tidak menduga-duga. Menguraikan bagaimana, kapan dan dimana terjadinya peristiwa tersebut, serta apa yang dikatakan dan dilakukan oleh anak itu.

Selain itu Catatan Anekdot juga dapat diartikan dengan suatu catatan atau deskripsi tentang sebuah peristiwa atau kejadian yang berlangsung dalam situasi natural alias wajar atau alamiah.

Lazimnya pencatatan ini difokuskan pada seorang siswa yang menjadi perhatian dari guru, sehingga kumpulan dari catatan anekdot ini akan memberikan sebuah deskripsi atau gambaran mengenai pola tingkah laku siswa yang bersangkutan.

Hal-hal pokok yang dicatat dalam catatan anekdot meliputi:

  • Nama anak yang dicatat perkembangannya,
  • Kegiatan main atau pengalaman belajar yang diikuti anak dan perilaku, termasuk ucapan yang disampaikan anak selama berkegiatan.

Catatan anekdot dibuat dengan menuliskan apa yang dilakukan atau dibicarakan anak secara objektif, akurat, lengkap dan bermakna tanpa penafsiran subjektif dari guru. Akurat (tepat), objektif (apa adanya, tanpa memberi label misalnya: cengeng, malas, nakal), spesifik (khusus/tertentu), sederhana (tidak bertele-tele), dan catatan guru terkait dengan indikator yang muncul dari perilaku anak. Catatan berupa jurnal kegiatan akan lebih baik bila disertai foto kegiatan anak.

Jika guru sedang sibuk memfasilitasi anak, dan pada saat yang bersamaan guru sempat me nangkap suatu aktivitas bermakna yang di lakukan anak, guru dapat mencoret-coret de ngan kode atau kata-kata singkatan sebagai pengingat.

Jika memiliki kamera akan lebih mu dah untuk merekam berupa foto atau video. Setelah anak pulang, barulah peristiwa tersebut ditulis lebih lengkap. Adapun TIPS sederhana menulis catatan anekdot yaitu:

  • Bawa kertas kecil dan alat tulis dalam saku.
  • Sewaktu-waktu diperlukan, keluarkanlah dari saku
  • Tulis kata singkat atau gambar yang mencerminkan perilaku bermakna yang sedang terjadi.

Setelah anak-anak pulang, salinlah dalam buku/catatan khusus anekdot. Cukup beberapa kalimat.

Download Contoh Catatan Anekdot

Contoh:

Ignas (2.5 tahun) mengambil mainan buah berbentuk stroberi dan mengisinya ke dalam 2 gelas plastik. Ia mempertemukan permukaan dua gelas secara vertikal.

Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya