Contoh Format Jurnal Harian Guru PAUD TK RA KB Terbaru 2024

Contoh Format Jurnal Harian Guru PAUD TK RA KB Terbaru 2024
Contoh Format Jurnal Harian Guru PAUD TK RA KB Terbaru 2024

Salah satu berkas administrasi pembelajaran yang harus disiapkan oleh guru selain Modul Ajar, Capaian Pembelajaran, dan Kalender Pendidikan adalah Jurnal Kelas Harian Mengajar Guru. Jurnal kelas harian merupakan catatan pertemuan dalam suatu pembelajaran di kelas.

Jurnal kelas wajib diisi oleh setiap guru, sebagai bukti terlaksananya kegiatan pembelajaran di masing-masing kelas selama satu dan setiap semesternya. Jurnal kelas juga dapat menjadi panduan Bapak dan Ibu Guru dalam melaksanakan pembelajaran setiap harinya.

Tujuan jurnal kelas

Adapun tujuan dari disusunnya jurnal kelas harian mengajar guru, yaitu:

  1. Agar tujuan pembelajaran yang ada pada materi di setiap mata pelajaran dapat tercapai.
  2. Untuk mendata siswa yang hadir pada saat pembelajaran tengah berlangsung.
  3. Dengan adanya jurnal kelas harian mengajar guru, maka pihak sekolah (dalam hal ini adalah wali kelas yang menangani kelas perwaliannya) bisa memberikan laporan tentang kehadiran siswa perwaliannya saat pelaksanaan kegiatan pembelajaran di kelas.
  4. Dengan mengisi jurnal kelas, maka sekolah akan memiliki data dan informasi yang lengkap terkait pelaksanaan pembelajaran setiap kelas.

Fungsi jurnal kelas

Jurnal kelas harian mengajar guru juga mempunyai banyak fungsi yang sangat penting, di antaranya:

  1. Mendokumentasikan proses kegiatan pembelajaran yang dilakukan masing-masing guru di kelas.
  2. Sebagai catatan kendala/hambatan yang terjadi dalam pembelajaran atau kemajuan-kemajuan yang dialami oleh para siswa, sehingga guru dapat menjadikan masalah tersebut sebagai acuan untuk ditemukan solusinya dalam pelaksanaan pembelajaran berikutnya.
  3. Sebagai sarana yang memungkinkan komunikasi secara lebih personal antara guru dan siswa, terkait pencapaian belajar siswa.
  4. Membantu guru dalam kajian diri, menelaah lebih lanjut tentang kemajuan para siswanya, serta menuliskan pemikiran dan refleksi.

Download Jurnal Guru PAUD TK RA

Demikian dari kami tentang Contoh Format Jurnal Harian Guru PAUD TK RA KB Terbaru 2024, semoga bisa memberikan manfaat untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Amin...

Sumber: https://www.paud.id/contoh-jurnal-guru-tk-paud-jurnal-mengajar/

Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya