Petunjuk Teknis Bantuan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB)


Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) adalah proses dan kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap profesional guru dan tenaga kependidikan madrasah yang dilaksanakan berjenjang, bertahap, dan berkesinambungan dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kinerja guru dan tenaga kependidikan di madrasah.PKB meliputi pengembangan diri (PD), publikasi ilmiah (PI), dan karya inovatif (KI).

Pelaksanaan PPKB dilaksanakan berdasarkan kebutuhan nyata, bukan sekedar keinginan guru. Oleh karena itu setiap pelaksanaan kegiatan PPKB harus memiliki dasar atau baseline dalam pelaksanaannya.

Tujuan pemberian Bantuan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) melalui KKM/KKG/MGMP pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Tahun Anggaran 2018 ini adalah untuk membantu KKM/KKG/MGMP dalam melakukan kegiatan peningkatan kompetensi guru dan pembentukan komunitas belajar guru.

Adapun sasaran penerima bantuan ini adalah sebagai berikut: Kelompok Kerja Guru (KKG) RA/MI; Musyawarah Guru Mata Pelajaran(MGMP) MTs/MA; Kelompok Kerja Kepala RA/Madrasah (KK RA/KKM MI/MTs/MA).

Manfaat Bantuan Dana Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) melalui KKM/KKG/MGMP pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Tahun Anggaran 2018 adalah untuk memberikan motivasi kepada guru melalui KKM/KKG/MGMP dan membangun sistem peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan sikap profesional guru dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik profesional.

Jenis kegiatan yang dilaksanakan untuk mencapai tujuan sebagaimana disebutkan di atas adalah sebagai berikut:

  1. Pengembangan diri berupa pelatihan, workshop, pendampingan kegiatan dalam mendukung kompetensi guru.
  2. Melakukan kegiatan pelatihan terkait Karya Tulis Ilmiah (KTI) seperti penelitian tindakan kelas, penelitian tindakan sekolah dan sejenisnya;
  3. Menyelenggarakan pelatihan terkait dengan Karya Inovatif (KI) dalam mendukung kegiatan pembelajaran di RA dan di madrasah.
  4. Karya Inovatif (KI) dalam mendukung kegiatan pembelajaran di RA dan di madrasah.
  5. Menyelenggarakan kegiatan ilmiah, seperti seminar hasil penelitian, dan diskusi panel.
  6. Menyelenggarakan kegiatan pengenalan dan pengembangan pendidikan inklusi/pendidikan di madrasah.

Lampiran-lampiran yang harus dilengkapi dan di isi untuk Bantuan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) ini sebagai berikut:

  1. Formulir Bantuan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB)
  2. Proposal pengajuan bantuan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB)
  3. Surat Pernyataan Kesanggupan Melaksanakan Bantuan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) Dan Laporan Pertanggungjawaban
  4. Panduan Laporan Bantuan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) Melalui KKM/KKG/MGMP pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Tahun Anggaran 2018
  5. Halaman pengesahan pelaporan
  6. Lampiran rekomendasi / surat keterangan aktif
  7. Lampiran berita acara serah terima uang
  8. Catatan untuk laporan keuangan/pembiayaan
  9. Contoh kwitansi honor
  10. Contoh Kuitansi Transport Narasumber
  11. Contoh daftar penerimaan transpor panitia
  12. Contoh kwitansi ATK
  13. Contoh faktur barang
  14. Contoh kwitansi konsumsi
  15. Contoh sertifikat
  16. Contoh biodata peserta

Download Petunjuk Teknis Bantuan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) melalui KKM / KKG / MGMP



Semuanya bisa anda download pada link di bawah ini:
Petunjuk Teknis Bantuan PPKB

Demikian dari kami tentang Petunjuk Teknis Bantuan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB), semoga bisa memberikan manfaat untuk peningkatan kualitas guru / pendidik. Amin...
Disclaimer: Artikel disini tentang perangkat dan administrasi pendidikan yang saya dapatkan dari berbagai sumber terpercaya, jika kurang berkenan mohon kiranya memberikan kritik dan saran via kolom komentar.

Buka Komentar Tutup Komentar