Skip to main content
NOM IFROD

Panduan Aplikasi SIAGA, Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama


Panduan Aplikasi Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama (SIAGA) - Lagi-lagi kemenag merilis aplikasi sistem data online khusus untuk guru agama. Jika dari awal sudah ada EMIS (education manajemen information sistem), Simpatika, Sistem Informasi Elektronik Kinerja ASN (SIEKA), Geografis Informasi Sistem (GIS), EMIS Manajemen UN, dan masih banyak lagi. Sekarang rilis lagi aplikasi sistem informasi dan administrasi guru agama (SIAGA).

Informasi yang beredar bahwa nantinya aplikasi SIAGA ini juga akan terintegrasi dengan EMIS yang menampung semua kebutuhan administrasi guru agama termasuk berkas sertifikasi dan verval NRG, TPG dan lain-lain. Dan untuk saat ini masih tahap uji coba, jadi kita tunggu saja pemberlakuan aplikasi SIAGA ini terutama untuk proses pemberkasan sertifikasi guru PAI agar lebih efektif dan terintegrasi dengan pusat data EMIS,

Aplikasi SIAGA ini memiliki beberapa pintu akun seperti akun provinsi, kabupaten, madrasah dan guru yang bisa mengolah berbagai kebutuhan administrasi seperti di Simpatika;

  1. Verval: Verval Biodata, Verval Jadwal Mengajar dan Tugas Tambahan, Verval Sertifikasi, Verval NRG
  2. Sertifikasi: Kelayakan TPG, Dispensasi, SK Pencairan, Pencairan TPG
  3. Pendidik: Data Portofolio, Personal, Status Pegawai, Pendidikan, Keluarga, Riwayat Pelatihan, Prestasi
  4. Sekolah: Sekolah Induk, Sekolah Non Induk, Jadwal dan Tugas
  5. Data Administrasi Sertifikasi, NRG, TPG, SKMT, Mutasi

Dengan begitu, Kementerian Agama bisa memantau perkembangan peningkatan mutu guru agama seperti memiliki pengetahuan terhadap manajemen dan proses pembelajaran yang maksimal, menguasai teknologi informasi.

Download Panduan Aplikasi SIAGA, Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama


Selengkapnya bisa anda download pada link berikut ini:
Download

Selain itu untuk meningkatkan mutu guru agama, kemenag melalui kasi pendidikan madrasah memanfaatkan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) untuk Guru PAI dirancang menjadi acuan dan standar pengembangan keprofesian guru PAI bagi semua pihak yang terlibat.

Untuk itu, guru PAI diharapkan dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan tuntutan dan harapan masyarakat, yakni membentuk peserta didik yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia serta berwawasan kebangsaan.

You Might Also Like: